Pastikan Bantuan Sosial Tepat Sasaran, Petugas Dinsos Kuansing Diberi Bimtek

Pastikan Bantuan Sosial Tepat Sasaran, Petugas Dinsos Kuansing Diberi Bimtek

22 Februari 2024
Pembukaan Bimtek Petugas Dinsos Kuansing

Pembukaan Bimtek Petugas Dinsos Kuansing

RIAU1.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) bersama Dinas Sosial Provinsi Riau menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Data Bantuan Sosial dan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBIJK).

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman yang sama terhadap pentingnya DTKS yang tepat dan selalu terbarukan.

Kegiatan Bimtek berlangsung di Ruang Multimedia Kantor Bupati kabupaten Kuansing, Kamis (22/02/24) dengan materi yang diberikan adalah Sinergi Program Penanggulangan Kemiskinan, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Pemutakhiran DTKS serta Data Penerima Bansos di Kabupaten Kuansing.

Asisten I Setda Kuansing dr Fahdiansyah, membuka Bimtek tersebut, dan berharap Bimtek yang diberikan ini dapat bermanfaat bagi sebanyak 30 peserta atau operator yang menginput data kesejahteraan sosial yang berasal dari kelurahan di kabupaten Kuantan Singingi.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada narasumber yang datang dari Pusat, Provinsi dan Kabupaten Kuansing sendiri. Saya berharap kegiatan ini memberikan pembekalan yang baik dan ilmu bermanfaat bagi peserta, agar dapat mendata penerima bantuan sosial secara tepat sasaran atau benar-benar membutuhkan," kata Asisten I Setda Kuansing.

Tambah dia, sesuai dengan dasar hukum dan Peraturan Presiden (Perpres) Tentang Jaminan Kesehatan, perlindungan kesehatan memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan, dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan.

"Itu diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh Pemerintah," jelasnya lagi.*