Pengurus BUMDesa di Kuansing Diberi Pelatihan Peningkatan Kapasitas

Pengurus BUMDesa di Kuansing Diberi Pelatihan Peningkatan Kapasitas

19 Oktober 2023
Bupati Kuansing, Suhardiman Amby dalam arahannya saat membuka pelatihan bagi pengurus Bumdes

Bupati Kuansing, Suhardiman Amby dalam arahannya saat membuka pelatihan bagi pengurus Bumdes

RIAU1.COM - Sebagai upaya meningkatkan kapasitas Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta kemampuan dan wawasan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kuantan Singingi di dalam manajemen pengelolaan, Pemkab kabupaten Kuansing mengadakan pelatihan yang dibuka langsung oleh bupati Suhardiman Amby.

Bupati mengatakan tujuan diadakannya pelatihan tersebut agar kepengurusan BUMDes nantinya dapat memahami pengelolaan BUMDes yang benar.

“Desa bisa mendirikan BUMDes sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa. Harapannya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa dan meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi Desa,” tuturnya.

Dijelaskan bupati, upaya peningkatan kemampuan tersebut tentunya dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memahami tata kelola administrasi terutama manajemen Bisnis.

Sementara Camat Kuantan Tengah Risman Ali mengatakan, pengurus Bumdes agar bisa bekerja sama dengan baik dan transparan dalam menjalankan program kerjanya, supaya pelaksanaan pembangunan benar-benar berdampak bagi meningkatkan perkembangan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, serta melibatkan seluruh unsur pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi.

“Saya berharap dengan diadakannya pelatihan peningkatan kapasitas Pengurus BUMDesa dan BPD ini, kita dalam mengelola BUMDesa mampu memajukan dan mensejahterahkan masyarakat desa,” tutur Risman Ali.*