Potensi Bencana Alam di Jalur Mudik, Ini yang Dilakukan Pemkab Kuansing

Potensi Bencana Alam di Jalur Mudik, Ini yang Dilakukan Pemkab Kuansing

6 April 2024
Rakor Pemkab Kuansing sambut arus mudik

Rakor Pemkab Kuansing sambut arus mudik

RIAU1.COM - Bupati Kuantan Singingi (Kuanisng) Dr. H. Suhardiman Amby bersama kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, memonitoring kesiapan menghadapi hari raya Idul Fitri 1445 H di UPT PAB Teluk Kuantan, Jum'at (05/04/2024). 

Kepala Dinas PUPR Zulkarnain, didampingi oleh Sekretaris Dinas PUPR Deswantoni mengumpulkan seluruh staf untuk mengantisipasi dan bergerak cepat dalam mengatasi kemungkinan terjadinya bencana alam, dan jalan lintas yang rusak demi kelancaran pemudik yang melewati wilayah Kuansing. 

Menindaklanjuti instruksi bupati Suhardiman Amby, Dinas PUPR Kuansing mengaku juga siagakan para operator alat berat untuk tetap standby selama masa liburan lebaran sesuai tanggal yang sudah ditetapkan dari 04 April 2024 lalu hingga 16 April 2024 mendatang. 

“Sesuai Instruksi bupati Suhardiman Amby, kita sudah siagakan operator alat berat untuk standby di sejumlah titik awan bencana. Jika kemungkinan bencana itu terjadi, maka operator alat berat tersebut sudah siap bergerak dengan sigap demi kelancaran pemudik lebaran dan pengguna jalan setempat," papar Kadis PUPR Zulkarnain. 

Selain itu, Dinas PUPR sambung dia, juga pastikan layanan air bersih tetap berjalan lancar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Terutama pelanggan air bersih, maka selama libur lebaran Kepala UPT Alat Berat dan Kepala UPT PAB dilarang keluar Kota," pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Suhardiman Amby mengapresiasi Dinas PUPR. Selain Dinas PUPR, juga sudah digelar rakor bersama OPD terkait, seperti Dishub, Satpol PP, BPBD, Dinas Kesehatan serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

"Ini semua dilakukan agar mampu memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi pemudik, begitu juga dengan kebutuhan anggota yang ditugaskan akan dilengkapi kebutuhannya," demikian bupati Suhardiman Amby.*