Sepak Rago Tinggi Kuansing Diusulkan Jadi Mata Pelajaran Muatan Lokal

Sepak Rago Tinggi Kuansing Diusulkan Jadi Mata Pelajaran Muatan Lokal

2 Desember 2023
Sepak Rago Tinggi Kuansing/RRI.co.id

Sepak Rago Tinggi Kuansing/RRI.co.id

RIAU1.COM - Pembukaan Festival Atraksi Budaya Sepak Rago Tinggi, di Desa Titian Modang, Kenegrian Kopah, Kecamatan Kuantan Tengah dihadiri Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) H Suhardiman Amby.

Pembukaan tersebut dipadati masyarakat. Dihadapan ratusan warga, bupati apresiasi salah satu premainan tradisional di Kenegrian Kopah, yaitu Sepak Rago Tinggi.

“Kita masyarakat Kuantan Singingi harus bangga, punya beragam permainan dan budaya. Apalagi kini Sepak Rago Tinggi mendapatkan juara 3 nasional di Anugrah Pesona Indonesia 2023 yang baru saja di rilis Kementerian Pariwisata RI di Manado Kemaren. Mari sama sama kira dukung, agar atraksi Kebudayaan yang dimiliki Kuansing ini terus dilestarikan dan dikenal oleh mancanegara nantinya,” kata bupati H. Suhardiman

Pada kesempatan tersebut, bupati juga menyerap aspirasi masyarakat Kenegrian Kopah, dimana masyarakat juga minta untuk rehab sekolah dan pengaspalan jalan.

Loading...

Kemudian, Ketua Sepak Rago Tinggi, Rio Kasiter mangucapkan terima kasih kepada bupati atas dukungan dan motivasinya, sehingga budaya ini mampu meraih peringkat 3 di ajang Anugrah Pesona Indonesia. 

"Festival Sepak Rago tinggi tercatat warisan tak benda, artinya Sepak Rago Tinggi hanya ada di Kuansing. Semoga Sepak Rago Tinggi ini juga masuk ke mata pelajaran, yaitu muatan lokal, karena mengandung banyak nilai spritual, seperti sebelum bermain berwudhu dulu, dan pakaian harus tertutup menggunakan pakaian melayu," pungkas Rio Kasiter.*