Validasi Data Stunting, Pemkab Kuansing Gelar Penimbangan Balita Serentak

Validasi Data Stunting, Pemkab Kuansing Gelar Penimbangan Balita Serentak

7 Mei 2024
Penimbangan Balita di Kuansing

Penimbangan Balita di Kuansing

RIAU1.COM - Bagian dari upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Bupati Dr Suhardiman Amby, instruksikan untuk melakukan penimbangan balita secara serentak di Kabupaten Kuantan Singingi. 

Penimbangan balita dilakukan dari tanggal 6-8 Mei 2024 ini disebut untuk mendapatkan validasi data dan jumlah kondisi balita stunting di Kuansing, untuk kemudian dilakukan intervensi secara komprehensif. 

Bupati Kuansing, Suhardiman Amby melalui Ketua TP PKK, Hj. Yulia Herma Suhardiman meninjau sejumlah lokasi Posyandu, diantaranya Sungai Manau, Seberang Pantai Kecamatan Kuantan Mudik dan Desa Sampurago Kecamatan Hulu Kuantan, Selasa (07/06) pagi. 

“Upaya yang dilakukan saat ini bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting, yaitu penimbangan balita secara serentak dari tanggal 6 hingga 8 Mei 2024, serta melakukan peninjauan secara langsung ke sejumlah Posyandu,” kata Ketua TP PKK Kuansing. 

Hasil peninjauan, sebut dia, untuk di Desa Sungai Manau terdata ada 3 orang anak yang mengalami stunting, dan penanganannya sudah dilakukan dengan cara penambahan gizi serta melalui inovasi dari Dinas DP2KBP3A.

"Alhamdulillah di Sungai Manau ini hanya ada tiga anak. Langkah kedepannya, kita sudah bekerjasama dengan puskesmas di sini untuk memberikan makanan bergizi BMT. Saya juga lihat tadi, anak yang stunting tersebut sudah meningkat berat badannya. Harapan kedepannya, dari tindakan yang dilakukan ini, semoga mampu menurunkan persentasi stunting," tutur Ketua TP PKK Kuansing.*