Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdik Meranti Gelar Sosialisasi BOS Afirmasi dan Bos Kinerja Tahun 2019

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdik Meranti Gelar Sosialisasi BOS Afirmasi dan Bos Kinerja Tahun 2019

24 September 2019
Sosialisasi Bantuan Dana Bos

Sosialisasi Bantuan Dana Bos

RIAU1.COM - Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar sosialisasi bantuan operasional sekolah (BOS) afirmasi dan BOS kinerja di Kabupaten Kepulaun Meranti, Selasa (24/9/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang serbaguna SMP Negeri 1 Tebing Tinggi ini diikuti 101 Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) penerima dana bantuan operasional sekolah (BOS) afirmasi dan BOS kinerja.

Kadisdikbud Kepulauan Meranti, Nuriman Khair mengatakan, bantuan dana BOS afirmasi diperuntukkan bagi sekolah terluar, terdepan dan tertinggal (3T). Sementara bantuan dana BOS kinerja, bagi sekolah yang memiliki kinerja bagus.

"Bantuan ini tentunya dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan. Digunakan untuk pembelian perangkat digital. Ini juga sebagai jawaban dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, jadi, hal ini menyangkut dengan pembelajaran sistem aplikasi. Sehingga nantinya, sekolah khususnya anak SD kelas VI bisa mengakses aplikasi pembelajaran" ujarnya. 

Dengan pembelajaran secara digital nantinya, Nuriman berharap anak bisa lebih kreatif. Dan jika tahap awal berjalan sesuai harapan, bermanfaat dan signifikan dengan peningkatan mutu pendidikan, menurutnya akan dikembangkan ke seluruh sekolah termasuk kelas V hingga kelas I, serta pengadaan perangkat diupayakan melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) kabupaten.

 

"Hal yang perlu kita perhatikan, yakni melatih para guru dalam mengoperasikan perangkat ini, sehingga guru nantinya bisa mengajarkan ke muridnya. Tujuan pembelajaran sistem digital ini, bagaimana kedepannya dalam proses belajar mengajar itu guru tidak lagi berada di depan, melainkan mereka membimbing, sehingga anak lebih kreatif," pungkasnya.