Guru di Meranti Ikuti Ramah Tamah Hari Guru Nasional

Guru di Meranti Ikuti Ramah Tamah Hari Guru Nasional

25 November 2019
Ribuan Guru di Meranti Ikuti Ramah Tamah Hari Guru Nasional

Ribuan Guru di Meranti Ikuti Ramah Tamah Hari Guru Nasional

RIAU1.COM - Peringati Hari Guru Nasional, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar acara ramah tamah guru Se-Kabupaten Meranti di Lapangan Afifa Futsal Selatpanjang, Senin (25/11/2019).

Dalam acara yang dihadiri ribuan guru tersebut, Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim, mengaku sependapat dengan Menteri Pendidikan RI Nadiem Makarim terkiat tugas utama guru sebagai pengajar bukan menyiapkan administrasi, untuk itu perlu dilakukan reformasi program pendidikan secara menyeluruh agar anggaran pendidikan yang snagat besar tidak sia-sia dan tujuan dari pendidikan dapat tercapai.

"Saya sepakat dengan penyataan Menteri Pendidikan RI bahwa tugas utama guru adalah mengajar bukan menyiapkan administrasi yang menyita waktu," ungkap Said, Senin (25/11/2019).



Menurut Said, fenomena yang terjadi saat ini, dimana para guru lebih disibukan dengan urusan adminsitrasi sangat tidak efektif bagi peningkatan kualitas pendidikan.

"Seperti diketahui, tugas utama guru adalah untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi pada kenyataannya lebih sering diberi aturan dibandingkan pertolongan" ujarnya.



Selain itu ia juga mengatakan, yang menjadi tren dunia pendidikan saat ini adalah kurikulum dan buku pembelajaran yang selalu berganti tiap tahun. Untuk itu ia berharap agar Pemerintah Pusat memutus mata rantai 'Mafia Buku' yang selama ini terjadi.

"Yang terpenting reformasi sistem pengajaran, jika tidak berapa besarpun anggaran pendidikan tidak akan memberikan dampak positif bagi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia khususnya di Kepulauan Meranti," jelasnya.