Kamis, 02 April 2020

MERANTI

Bumdes Mekar Jaya Desa AlahAir Timur Berdayakan Pengkreditan Barang

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Sebagai upaya untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mekar Jaya Desa Alah Air Timur Kabupaten Kepulauan Meranti manfaatkan Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi sebesar Rp200 juta untuk pengkreditan barang.

Ketua BUMDes Mekar Jaya Desa Alah Air Timur Kabupaten Kepulauan Meranti, Ariyanto mengatakan dari total Bankeu yang diterimanya sejak awal 2020, setidaknya sudah Rp26 juta yang digunakan untuk kebutuhan masyarakat dalam mengkredit barang.

"Total yang kami terima itu sekitar Rp178.880.000 lah. Dan itu memang kita fokuskan untuk pengkreditan barang. Alhamdulillah respon masyarakat pun cukup baik, sampai saat ini sudah Rp26 juta terpakai" ujar Yanto, Selasa (18/2/2020).

Yanto mengatakan dalam hal ini, pihaknya tidak memiliki kriteria khusus untuk barang yang akan dilakukan pengkreditan. Hanya saja harga maksimalnya adalah Rp10 juta untuk satu unit.

"Kita terima masyarakat mau kredit apa pun itu. Mau barang rumah tangga, kulkas, mesin cuci atau apapun yang dibutuhkan masyarakat kita siap" katanya lagi.

Diketahui, BUMDes Mekar Jaya Desa Alah Air Timur ini sudah terbentuk sejak tahun 2012. Namun sebelumnya BUMDes ini hanya mengembangkan Simpan Pinjam kepada masyarakat dan baru mengembangkan pengkreditan barang sejak pertengahan 2019.

"Sebelumnya kita sistem simpan pinjam aja. Baru di awal 2019 kita berdayakan pengkreditan barang. Alhamdulillah tetap berjalan, meskipun belum terlalu ramai. Tapi kita tetap sosialisasikan kepada masyarakat, kita tempelkan brosur-brosur dibanyak lokasi agar masyarakat kita tau dan jika mereka membutuhkan, mereka bisa datang ke kita" terangnya.




 





Loading...
DN05 | Agung Toyota 2