Himpun Aspirasi Materi Teknis RPJPD, Pemkab Meranti Taja Konsultasi Publik

Himpun Aspirasi Materi Teknis RPJPD, Pemkab Meranti Taja Konsultasi Publik

22 Desember 2023
Konsultasi Publik KLHS RPJPD Pemkab Meranti

Konsultasi Publik KLHS RPJPD Pemkab Meranti

RIAU1.COM - Konsultasi Publik I dalam rangka penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Setdakab Meranti, Rokhaizal, menyampaikan bahwa KLHS merupakan salah satu instrumen untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah.

"Forum ini bertujuan untuk menjaring dan menghimpun aspirasi dari pemangku kepentingan terhadap materi teknis RPJPD yang sedang disusun," katanya.

Sambung dia, penyusunan RPJPD merupakan acuan dalam penyusunan RPJMD untuk setiap jangka waktu 5 tahun. Dengan kondisi geografis Kabupaten Kepulauan Meranti yang berbentuk pulau-pulau, tambahnya, menjadi tantangan tersendiri dalam keberhasilan pembangunan dan peningkatan iklim investasi.

"Kita menyadari bahwa keberhasilan pembangunan Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan keberhasilan kolektif dari peran pemerintah bersama dengan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya," sebut Rokhaizal.*