Isu Beras Sintetis di Meranti, Berikut Hasil Uji Lab

Isu Beras Sintetis di Meranti, Berikut Hasil Uji Lab

22 Oktober 2023
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Dugaan beras yang heboh di media sosial dipastikan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti bukanlah beras sintetis. Beras yang beredar tersebut adalah beras biasa dan layak dikonsumsi.

Hal tersebut disampaikan Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar. "Itu adalah beras biasa dan layak konsumsi, jadi masyarakat tidak perlu ragu lagi," katanya akhir pekan ini.

Kepastian tersebut setelah Pemerintah Kabupaten Meranti mengirimkan sampel beras ke laboratorium BBPOM RI di Pekanbaru.

Lalu Asmar mengatakan sampel yang diuji BBPOM memenuhi syarat beras yang layak dikonsumsi. Sebab, dipastikan tidak mengandung plastik sebagaimana dikhawatirkan warga.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kepulauan Meranti Ifwandi, mengatakan beras yang diduga mengandung plastik itu berasal dari benih IR42. 

Loading...

Di Meranti, sebenarnya juga ada yang menggunakan benih IR42 namun pengolahannya secara sederhana sehingga hasil beras tak masuk kategori premium.

Untuk diketahui beberapa waktu lalu heboh di media sosial dan WhatsApp grup bahwa ada beras yang dijual di pasaran di Kepulauan Meranti diduga beras plastik. Foto dan video beras tersebut menyebar luas dan menjadi pembicaraan masyarakat.

Pemkab Meranti melalui Disperindag, Satpol PP, dan kepolisian langsung gerak cepat mengambil sampel untuk diuji di laboratorium. Hasilnya dipastikan beras tersebut adalah benar-benar beras biasa dan layak dikonsumsi.*