Pastikan Polisi RW di Meranti Efektif, Ini yang Dilakukan Kapolda Riau

Pastikan Polisi RW di Meranti Efektif, Ini yang Dilakukan Kapolda Riau

16 Juni 2023
Kunker Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal di Meranti

Kunker Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal di Meranti

RIAU1.COM - Pengecekan ke Pos Polisi RW 002 Desa Gogok Darussalam Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau Kamis (15/6) dilakukan Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal.

Irjen Iqbal ingin memastikan kondisi di Kepulaun Meranti dan kinerja anggota kepolisian khususnya polisi RW.

"Saya datang ke Kepulauan Meranti untuk merespon, menanggapi permasalahan yang berada di tengah-tengah masyarakat serta Polisi RW. Karena Program Polisi RW bertujuan dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban dilingkup wilayah terkecil dalam bidang harkamtibmas," kata Iqbal.

Saat dialog dengan salah satu anggota Polisi RW Aiptu Sutiman, Irjen Iqbal mendapat laporan perkelahian remaja yang diselesaikan oleh polisi RW dan Ketua RW secara kekeluargaan. Kolaborasi antara polisi dan masyarakat demi terciptanya situasi yang kondusif.

"Apa Problem Solving di lingkungan RW setempat?" tanya Iqbal ke Sutiman.

Kemudian, Sutiman menjawab soal petlrtikaian antar remaja yang sempat menghebohkan masyarakat di Meranti. Kasus tersebut akhirnya tuntas tanpa harus proses pidana.

"Problem solving di lingkungan RW setempat yang pernah terjadi seperti perkelahian antar remaja di RW 002 Desa Gogok Kecamatan Tebing Tinggi Barat. Persoalan tersebut, dengan hal ini Polisi RW dan RW 002 Desa Gogok setempat sudah diselesaikan secara kekeluargaan," kata Sutiman.

Sutiman juga menjawab pertanyaan Iqbal terkait tujuan dari Polisi RW. Dia menjelaskan secara gamblang, bahwa kehadiran Polisi RW diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Dengan adanya Polisi RW yang hadir di tengah masyarakat guna meningkatkan pelayanan keamanan. Polisi RW harus memiliki pengetahuan dalam menerapkan prinsip community policing, restorative justice, dan akuntabilitas, serta momen pemilu semakin dekat. Polri akan selalu menciptakan situasi khamtibmas yang aman dan damai di lingkungan masyarakat," jelas Sutiman.

Lalu Sutiman juga menyampaikan, selain soal keamanan, kegiatan yang dilakukan Polisi RW dan masyarakat di RW 002 yaitu gotong royong membersihkan selokan-selokan atau parit yang membuat tersumbat aliran air pembungan.

Kedatangan Iqbal juga untuk melaksanakan peresmian lapangan tembak Bhara Daksa di Polres Kepulauan Meranti. Iqbal didampingi istrinya Nindya. 

Selain itu juga hadir Irwasda Kombes Hermansyah, Dansat Brimob Kombes Ronny Lumban Gaol, Kabid Humas Kombed Nandang Mu'min Wijaya, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul, serta Ply Bupati Kepulauan Meranti H Asmar.

Kapolres Meranti AKBP Andi Yul mengatakan, dengan berdirinya lapangan tembak Bhara Daksa, diharapkan dapat menjadi prasarana yang dapat meningkatkan profesionalisme personel. Karena selama ini, anggota Polres Kep Meranti merindukan prasarana itu agar tidak perlu jauh-jauh untuk melaksanakan latihan menembak.

"Sehingga akan lebih memudahkan untuk melaksanakan latihan secara berkala dan dilakukan oleh seluruh personel. Lapangan tembak ini nantinya tentu bukan hanya dapat digunakan oleh anggota Polri, tetapi juga dapat digunakan oleh seluruh instansi lainnya yang membutuhkan keahlian menembak dalam pelaksanaan tugasnya," kata Andi Yul.

Sementara itu, Irjen Iqbal mengatakan, polisi modern saat ini lebih banyak turun ke lapangan serta mencuri hati masyarakat. Dia mengatakan, pranata di lingkungan masyarakat akan selalu ditingkatkan kerja sama dengan semua stekholder yang ada di setiap kewilayahan.

"Hari Rabu kemarin, Polda Riau telah melaksanakan launching Polisi RW yang akan hadir di tengah - tengah masyarakat guna meningkatkan pelayanan keamanan di masyarakat," kata Iqbal.*