Permintaan Helikopter Tangani Karhutla di Riau Belum Dikabulkan BNPB

Permintaan Helikopter Tangani Karhutla di Riau Belum Dikabulkan BNPB

29 Maret 2024
Karhutla di Kepulauan Meranti

Karhutla di Kepulauan Meranti

RIAU1.COM - Surat permohonan bantuan helikopter water bombing dan patroli sudah dikirim Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk antisipasi kabaran hutan dan lahan (Karhutla) yang mulai melanda wilayah pesisir Riau. 

Seperti itu disampaikan Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal.

"Permohonan bantuan helikopter sudah kita sampaikan ke BNPB, dan saat ini sedang dalam proses. Bantuan yang diusulkan yakni 2 unit helikopter atau pesawat patroli, dan 6 unit helikopter water bombing. Tapi berapa nanti yang disetujui itu tergantung situasi dan kondisi," kata Edy.

Lalu Edy Afrizal mengatakan, saat ini wilayah pesisir Riau yang daerahnya banyak lahan gambut sudah mulai dilanda kebakaran. Sebab wilayah pesisir sudah musim panas. 

"Rata-rata kabupaten kota di wilayah pesisir Riau, seperti Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, Pelalawan dan Kota Dumai sudah terjadi kebakaran,"ujarnya.

Kemudian Edy Afrizal menyampaikan, saat ini tim satuan tugas (Satgas) darat Karhutla di wilayah setempay masih berjibaku ntuk padamkan api maupun pendinginan.*