Perangi Perusahaan Penyebab Karhutla, Guru Besar IPB Ini Raih Penghargaan Bergengsi

Perangi Perusahaan Penyebab Karhutla, Guru Besar IPB Ini Raih Penghargaan Bergengsi

13 November 2019
Guru Besar IPB Profesor Bambang Hero Saharjo (Foto: zar/riau1.com)

Guru Besar IPB Profesor Bambang Hero Saharjo (Foto: zar/riau1.com)

RIAU1.COM - Guru Besar IPB Profesor Bambang Hero Saharjo meraih penghargaan John Maddox 2019.

Penghargaan bergengsi ini diraihnya lantaran aksinya menyatakan perang terhadap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terutama pada perusahaan dikutip dari suara.com, Rabu, 13 November 2019.

Kiprah Saharjo diantaranya memberikan kesaksian di sekitar 500 kasus menggunakan metode ilmiah untuk melacak di mana dan kapan kebakaran dimulai, jalur apa yang mereka ambil dan berapa banyak asap dan gas rumah kaca yang dilepaskan. Ia juga menghadirkan informasi terpercaya di setiap pengadilan.

Selain itu Saharjo memenangkan hadiah John Maddox ini karena membela ilmu pengetahuan dalam menghadapi pelecehan, intimidasi, dan tuntutan hukum.

Dia mengumpulkan bukti untuk persidangan pidana terhadap perusahaan yang dituduh menggunakan metode tebang dan bakar untuk membersihkan lahan gambut. Perusahaan yang dituntutnya itu kebanyakan menanam kelapa sawit, kayu dan karet.

Dia juga dinilai tabah karena kerap menerima ancaman pembunuhan, menerima panggilan telepon misterius yang mengancam keselamatan istri dan keluarganya sampai orang tidak dikenal datang ke universitas mencarinya.

“Rekan-rekan saya memberi tahu saya bahwa saya paling dicari oleh perusahaan penyebab kebakaran dan bahwa mereka dapat melakukan apa pun yang mereka inginkan untuk saya, keluarga saya dan karier saya. Tentu saja saya memikirkan hal itu, tetapi sebagai seorang ilmuwan saya harus mengatakan yang sebenarnya. Jika saya berhenti maka saya akan sama dengan mereka. Saya harus menjadi bagian dari solusi, bukan bagian dari masalah," tegasnya.

Penghargaan John Maddox merupakan penghargaan internasional untuk individu yang berkarya dalam ilmu pengetahuan yang memajukan diskusi publik seputar topik-topik sulit. Peraih penghargaan ini memang sering terseret dengan ancaman atau permusuhan dari pihak lain.