Minggu, 26 Januari 2020

NASIONAL

Begini Kondisi Terkini Banjir Bandang di Kabupaten Sigi

news24xx


Foto: BNPB Foto: BNPB

RIAU1.COM - Banjir bandang untuk kedua kalinya menerjang wilayah  Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Pada hari Minggu 8 Desember 2019 sekitar pukul 06.00 WITA banjir lumpur menerjang desa Poi, Kecamatan Dolo Selatan menyebabkan puluhan rumah terendam dan warga mengungsi. 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo mengungkapkan, pada tahun 2011 daerah ini pernah diterjang banjir juga dan menimbulkan korban jiwa 11 orang.

Pada Senin 12 Desember 2019 pukul 18.30 WITA akibat hujan yang deras menyebabkan banjir lumpur menerjang Desa Bulapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi. Banjir menyebabkan 2 orang meninggal dunia yaitu atas nama Yan Cristison Mambarehi (Laki umur 51 thn) dan Rezky Bambarehi (Laki umur 8 thn), 60 KK mengungsi ke tempat yang aman, dan 20 unit rumah dilaporkan rusak.

TRC Kabupaten Sigi malakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait. Kebutuhan mendesak yang dibutuhkan antara lain layanan dapur umum, layanan kesehatan, dan kebutuhan dasar pengungsi.

"Kepolisian Dolo Selatan, Camat Dolo Selatan, dan Kelompok Siaga Bencana Desa terlihat berjaga-jaga siaga di lokasi banjir," ujarnya. (rls)





Loading...