Selain Dukungan Hongkong, FPI Demo Kedubes China di Jakarta Soal Muslim Uighur

Selain Dukungan Hongkong, FPI Demo Kedubes China di Jakarta Soal Muslim Uighur

27 Desember 2019
Ilustrasi Aksi umat dan  ormas Islam di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ilustrasi Aksi umat dan ormas Islam di Jakarta beberapa waktu lalu.

RIAU1.COM - Perhatian dunia kini sedang tertuju mendukung muslim Uighur yang tertindas di China. Para aktivis dan ribuan pengunjuk rasa Hongkong memberikan dukungan moril kepada muslim Uighur.

Bahkan ramai di Medsos, demonstran Hongkong menyerukan Tagar #CHINAZI. Tagar #CHINAZI langsung viral. 
 
Selain adanya aksi membela muslim Uighur di China oleh aktivis dan demonstran di Hong Kong, Front Pembela Islam (FPI) juga  menggelar aksi unjuk rasa di depan Kedutaan Besar China di Jakarta, Jumat (27/12), usai Sholat Jumat. 

Aksi bela Uighur itu  digelar usai Sholat  Jumat atau sekitar pukul 13.00 WIB.

Sejumlah kelompok ormas Islam, seperti Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama dan Persaudaraan Alumni 212 juga berencana bergabung dalam aksi membela muslim Uighur di China. Termasuk dari para umat Islam lainnya di Indonesia. 


Isu dugaan pelanggaran HAM oleh pemerintah China terhadap etnis Muslim Uighur kembali muncul ke publik setelah muncul laporan media massa Amerika Serikat, The Wall Street Journal (WSJ), yang menyebut sejumlah ormas Islam Indonesia menerima bantuan dari China.

Dengan bantuan itu, menurut WSJ, ormas Islam Indonesia tak lagi keras mengkritik kasus Uighur, seperti dilansir CNN Indonesia, Jumat. 

 

Terutama setelah beberapa perwakilan dari MUI, PBNU, PP Muhammadiyah, dan media massa diundang ke Xinjiang awal tahun 2019. 

R1 Hee