Kepala BPIP Keluarkan Pernyataan Sikap Soal Agama Musuh Pancasila, Fahrina Idris: Puyeng Saya Bacanya

Kepala BPIP Keluarkan Pernyataan Sikap Soal Agama Musuh Pancasila, Fahrina Idris: Puyeng Saya Bacanya

14 Februari 2020
Fahrina Idris (Foto: Istimewa/internet)

Fahrina Idris (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Anggota DPD RI Fahrina Idris mengaku 'pusing' setelah membaca pernyataan sikap dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Yudian Wahyudi.

Cuitan dari anggota Tim Pansus Tatib DPD RI ini disampaikannya melalui akun media sosial Twitter @fahiraidris, Jumat, 14 Februari 2020.

Dari pada mengeluarkan pernyataan sikap, Fahrina menyarankan Yudian menyampaikan permintaan maaf atas ocehan yang sempat menggegerakan masyarakat tersebut.

" Puyeng saya bacanya.. Permintaan Maaf menurut saya lebih simple dan menyejukkan pak," jelasnya.

Berikut pernyataan sikap yang dikeluarkan Kepala BPIP Yudian Wahyudi baru-baru ini:

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila

Loading...

Pernyataan Kepala BPIP terkait Agama dan Pancasila Yang saya maksud adalah bahwa Pancasila sebagai konsensus tertinggi bangsa Indonesia harus kita jaga sebaik mungkin.

Pancasila itu agamis karena ke 5 sila Pancasila dapat diternukan dengan mudah dalam Kitab Suci ke enarn agama yang diakui secara konstitusional oleh NKRI. Namun, pada kenyataannya, Pancasila sering dihadap-hadapkan dengan agama oleh orang-orang tertentu yg memiliki pemahaman sempit dan ekstrim, padahal mereka itu minoritas (yang mengklaim mayoritas).

Dalam konteks inilah, "agama" dapat menjadi musuh terbesar karena mayoritas, bahkan setiap orang, beragama, padahal Pancasila dan Agama tidak bertentangan, bahkan saling mendukung.

Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D.