Iluni UI Ajak Semua Alumni dan Mahasiswa Tingkat Akhir Jadi Relawan Satgas Corona

Iluni UI Ajak Semua Alumni dan Mahasiswa Tingkat Akhir Jadi Relawan Satgas Corona

22 Maret 2020
Tim Medis penanganan virus corona di rumah sakit.

Tim Medis penanganan virus corona di rumah sakit.

RIAU1.COM - Banyak Rumah Sakit yang sedang menangani pasien virus corona membutuhkan tenaga muda jadi relawan membantu gugus tugas Satgas penanganan Virus Corona. 

 

Untuk itu, Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI), Andre Rahadian, mengajak seluruh mahasiswa tingkat akhir dan alumni perguruan tinggi di Indonesia bergabung dalam gugus tugas percepatan penanganan virus corona (Covid-19).

Hal tersebut Andre sampaikan berdasarkan arahan kepala gugus tugas terkait kebutuhan relawan dalam penanganan corona.


Andre menyampaikan gugus tugas sangat membutuhkan tenaga-tenaga muda yang di berbagai sektor penanganan wabah corona di rumah sakit.

"Pertama untuk bidang medis semua tenaga medis baik alumni perguruan tinggi, atau mahasiswa akhir dapat bergabung sebagai tenaga medis, administrasi, dan pendukung di rumah sakit," kata Andre, Minggu (22/3), seperti dilansir CNN Indonesia. 


"Hal ini diperlukan karena memang kami bermaksud untuk menjaga ketahanan dan kelangsungan dari penanganan Covid-19 di mana tenaga medis ada di gugus depan," ucap Andre kemudian.

Selain itu Andre mengatakan masyarakat juga dapat menjadi relawan dengan memberi bantuan logistik.

Kata dia ini sebagai bentuk dukungan kepada tenaga-tenaga medis yang sudah bekerja siang dan malam.

Logistik yang dibutuhkan, kata Andre, dari makanan bergizi, segala macam vitamin, dan lainnya.

"Tenaga medis harus kita support baik dari segi makanan bergizi, vitamin, dan dukungan logistik lain. Jadi di sini masyarakat dan relawan bisa sama-sama mendukung kedua hal itu. Konsentrasinya pada penanganan tenaga medis baik di RS rujukan maupun RA darurat yang akan dibuka pemerintah," kata Andre.

Andre menambahkan relawan dapat juga membantu golongan tertentu terdampak corona yang rentan secara ekonomi.

"Kami juga memohon bantuan dan mengajak relawan untuk bersama menangani golongan yang rentan secara ekonomi, jadi dukungan logistik dan masyarakat yang terdampak dari pandemik ini," ucapnya.

Untuk penyaluran, Andre menyampaikan relawan dapat bekerjasama dengan pemerintah agar tepat sasaran. Ia berharap hal tersebut terealisasi di semua daerah baik pusat, provinsi, hingga kabupaten.

 

"Peran pemerintah harus didukung seluruh lapisan masyarakat. Kerjasama bersama sehingga seluruh usaha relawan tidak ada yang terbuang. Jadi ini imbauan dari kami untuk sama-sama dengan relawan menyatukan tenaga dan sumber daya yang ada," kata Andre. 

R1 Hee.