Setidaknya 25 Orang Tewas Dalam Serangan di Sebuah Kuil Sikh-Hindu di Afghanistan

Setidaknya 25 Orang Tewas Dalam Serangan di Sebuah Kuil Sikh-Hindu di Afghanistan

26 Maret 2020
Setidaknya 25 Orang Tewas Dalam Serangan di Sebuah Kuil Sikh-Hindu di Afghanistan

Setidaknya 25 Orang Tewas Dalam Serangan di Sebuah Kuil Sikh-Hindu di Afghanistan

RIAU1.COM - Paling tidak 25 orang tewas Rabu dalam serangan terhadap kuil Sikh-Hindu di ibukota Afghanistan tempat para jamaah sholat subuh, serangan brutal terbaru yang diklaim oleh kelompok Negara Islam.

Insiden itu, menyoroti kekerasan yang sedang berlangsung di negara itu, terjadi beberapa jam sebelum Dewan Keamanan Nasional Afghanistan mengumumkan bahwa Taliban dan pejabat pemerintah akan mengadakan pertemuan bersejarah secara tatap muka mengenai pertukaran tahanan.

Bersamaan dengan pemberontakan yang mengamuk, Afghanistan yang miskin mengalami pemulihan besar-besaran dari bantuan AS sementara mereka berjuang dengan kebuntuan politik dan meningkatnya kasus virus coronavirus.

Taliban membantah terlibat dalam serangan terbaru itu, di mana kelompok Negara Islam (IS) mengaku bertanggung jawab, menurut kelompok intelijen SITE.

Saksi Raju Singh Sonny mengatakan kepada AFP, seorang pria berseragam polisi menyerbu kuil di Kabul tengah, menembak seorang penjaga dan mulai menyerang jamaah di aula utama.

"Beberapa penyerang lain juga memasuki gedung itu dan mereka pergi dari kamar ke kamar untuk menembak orang," kata Sonny.

Hanya beberapa ribu orang Sikh dan Hindu yang diperkirakan tinggal di negara yang mayoritas penduduknya Muslim.

Ada beberapa laporan yang saling bertentangan tentang berapa banyak orang bersenjata yang terlibat, dengan sumber keamanan memberikan angka yang berbeda, antara satu dan empat.

Setidaknya satu penyerang kemudian dibunuh oleh pasukan keamanan dalam operasi pembersihan selama berjam-jam.

Anarkali Kaur Honaryar, anggota Sikh dari parlemen Afghanistan, mengatakan kepada AFP sekitar 150 orang telah berada di dalam kuil itu, tempat beberapa keluarga juga tinggal dan para penyembah berkumpul untuk sholat subuh.

"Beberapa orang di dalam kuil bersembunyi dan telepon mereka mati," kata Honaryar ketika serangan itu sedang berlangsung.

Juru bicara kementerian dalam negeri, Tariq Arian, mengatakan 25 warga sipil telah tewas dan delapan lainnya luka-luka, sementara 80 orang telah diselamatkan. Gambar-gambar grafik yang diposting online menunjukkan beberapa tubuh dan juga orang-orang ketakutan yang tampaknya adalah orang Sikh yang lari dari tempat kejadian.

"Serangan pengecut seperti itu pada tempat-tempat pemujaan keagamaan komunitas minoritas, terutama pada saat pandemi virus korona ini, mencerminkan pola pikir jahat para pelaku dan pendukung mereka," kata kementerian luar negeri India dalam sebuah pernyataan.

 

 

 

R1/DEVI