Minggu, 20 September 2020

NASIONAL

Sejarah Hari Ini: Diresmikannya Jalur Kereta Api Pertama Indonesia

news24xx


Jalur kereta api Surabaya-Pasuruan sepanjang 63 km menjadi jalur kereta api pertama milik perusahaan Negara Staatssporwegen (Foto: Istimewa/heritage.kai.id) Jalur kereta api Surabaya-Pasuruan sepanjang 63 km menjadi jalur kereta api pertama milik perusahaan Negara Staatssporwegen (Foto: Istimewa/heritage.kai.id)

RIAU1.COM - Jalur kereta api Samaran - Tanggung dinobatkan sebagai jalur kereta api yang diresmikan pertama kali di Indonesia.

Dengan panjang 25 km, jalur ini menghubungkan Stasiun Samarang NIS dan Stasiun Tanggung dinukil dari haritage.kai.id, Senin, 10 Agustus 2020.

Pembangunannya dilakukan oleh perusahaan swasta Nederlansch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM).

Baca Juga: Kenali Sejarah Ayam Potong di Indonesia



www.jualbuy.com

Barulah diikuti oleh pemerintah Hindia Belanda yang membangun jalur kereta api negara melalui Staatssporwegen (SS) pada tanggal 8 April 1875.

Menyusul pembangunan jalur kereta api untuk wilayah Aceh pada 1876, Sumatera Utara pada 1889, Sumatera Barat pada 1891, Sumatera Selatan pada1914 dan Sulawesi pada 1922.

Sedangkan untuk Kalimantan, Bali, dan Lombok hanya dilakukan studi mengenai kemungkinan pemasangan jalan rel, belum sampai tahap pembangunan. 

Baca Juga: Ada Orang Indonesia di Angkatan Laut Belanda

Untuk diketahui, sampai akhir tahun 1928, panjang jalan kereta api dan trem di Indonesia mencapai 7.464 km dengan perincian rel milik pemerintah sepanjang 4.089 km dan swasta sepanjang 3.375 km.





loading...
Loading...