Minggu, 20 September 2020

NASIONAL

Sudah Tahu Abdoel Moeis, Tokoh Pertama Menyandang Gelar Pahlawan Nasional

news24xx


Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet) Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Abdoel Moeis, tokoh kelahiran Solok, Sumatera Barat dinobatkan oleh pemerintah RI sebagai orang pertama yang mendapatkan gelar sebagai pahlawan nasional.

Dia mendapatkan gelar pahlawan nasional pertama lantaran menjadi salah satu orang yang paling diburu kolonial Belanda dinukil dari historia.id, Senin, 10 Agustus 2020.

Baca Juga: Kenali Sejarah Ayam Potong di Indonesia



www.jualbuy.com

Ide penobatan gelar Pahlawan Nasional ini digagas pada pengujung 1950, berangkat dari keinginan merehabilitasi semua korban kesewenang-wenangan Belanda dari pemerintah RI.

Akibat aktifitas politiknya bersama Tiga Serangkai Sarekat Islam, dia sukses mengacaukan sistem pemerintahaan buatan Belanda.

Beberapa diantaranya seperti mengompori rakyat untuk memberontak, memimpin gerakan pemogokan besar-besaran buruh pegadaian di Jawa.

Yang paling dikenal saat dia memperjuangkan rakyat Minangkabau agar terbebas dari beban pajak atas tanah dan harta benda. Setelah membuat Belanda geram dan memaksanya untuk menghentikan aktifitas politiknya. Di tahun 1928 ia menerbitkan novel perdananya yang berjudul Salah Asuhan.

Baca Juga: Ada Orang Indonesia di Angkatan Laut Belanda

Novel tersebut menggambarkan kondisi budaya masyarakat Indonesia di masa penjajahan Belanda.

Telah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa (Inggris, Tiongkok, Jepang). Novel itu juga diadaptasi ke layar lebar pada 1972 oleh sutradara Asrul Sani membuat namanya kian melambung.





loading...
Loading...