Selasa, 24 November 2020

NASIONAL

Ini Dia Lokasi Pertama Lagu Indonesia Raya Diperdengarkan di Hadapan Orang Ramai

news24xx


Ilustrasi W.R Supratman (Foto: Istimewa/internet) Ilustrasi W.R Supratman (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Semua rakyat Indonesia tentu sudah mengetahui jika lagu kebangsaan Indonesia Raya diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman.

Namun tahukah dimana lagu ini dibawakan untuk kali pertama ?. Jawabannya saat berlangsungnya Kongres Pemuda II di gedung Indonesische Clubgebouw, cikal bakal lahirnya Sumpah Pemuda dikutip dari nationalgeographic.grid.id, Rabu, 28 Oktober 2020.

Baca Juga: Mitos Dibalik Larangan Menyantap Ikan Lele



www.jualbuy.com

Semua bermula ketika W.R Supratman kembali ke Pulau Jawa usai bertahun-tahun mengikuti jejak kakaknya di Makassar. Dalam sebuah artikel surat kabar, ia merasa terpanggil untuk menjawab tantangan membuat lagu kebangsaan.

Menjawab hal tersebut, Supratman menggubah lagu Indonesia Raya yang pada subjudulnya ia tulis “lagu kebangsaan” saat masih berstatus sebagai wartawan.

Dia memperdengarakan lagu ciptaannya itu pada Kongres Pemuda II menggunakan biola. Tujuannya untuk menghindari represi mata-mata Belanda.

Baca Juga: Motorfiets Rijders Te Batavia, Geng Motor Pertama di Indonesia

Meskipun tanpa syair, lagu Indonesia Raya langsung diterima seluruh peserta kongres. Gemuruh tepuk tangan memenuhi ruangan sesaat setelah W.R. Supratman membawakan lagu kebangsaan.

Tak butuh waktu lama, naskah Indonesia Raya pun menyebar ke mana-mana.





loading...
Loading...