Kenapa Lebah Tidak Terbang Saat Gerhana Matahari, Ini Penjelasannya

Kenapa Lebah Tidak Terbang Saat Gerhana Matahari, Ini Penjelasannya

17 Oktober 2018
Lebah

Lebah

RIAU1.COM - Selama ini, kita mengenal Iebah sebagai hewan yang sangat aktif terbang kesana kemari dan tidak pernah berhenti berdengung. Lebah biasanya baru berhenti berdengung saat malam hari. 

Para ilmuwan menemukan hal mengejutkan mengenai perilaku Iebah saat terjadi gerhana matahari. Seorang ilmuwan dari University Missouri menyebutkan bahwa Iebah akan berhenti terbang dan berdengung saat gerhana matahari mencapai puncaknya. 

Menurut hasil analisis data yang dikumpulkan, Iebah terus aktif dalam fase sebelum dan sesudah gerhana matahari total. Di fase tersebut Iebah benar-benar berhenti terbang. 

Tapi sebelum dan sesudah gerhana itu, Iebah cenderung akan terbang Iebih lama dari biasanya. 

Peneliti menduga bahwa kebiasaan mereka itu mengindikasikan jika Iebah kembali ke sarang mereka atau mengurangi kecepatan terbang agar terhindar dari risiko tabrakan. 

"Gerhana memberi kita kesempatan untuk meneliti konteks kondisi lingkungan terkini akan mengubah respon perilaku Iebah terhadap cahaya redup dan kegelapan," ujar Candace Galen, peneliti utama dalam penelitian ini, dilansir Instagram @indozone.id, 16 Oktober 2018.