Dibuka Wapres, Utusan Riau Siap Berkompetisi di STQH Nasional

Dibuka Wapres, Utusan Riau Siap Berkompetisi di STQH Nasional

31 Oktober 2023
Pembukaan STQH Nasional di Jambi

Pembukaan STQH Nasional di Jambi

RIAU1.COM - Pembukaan Tilawatil Qur'an dan Musabaqoh Al Hadist (STQH) tingkat Nasional XXVII Provinsi Jambi, yang berlangsung di Arena Utama STQH H. Abdurrahman Sayuti, Senin malam (30/10) dihadiri Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution.

Pembukaan STQH tingkat Nasional XXVII Provinsi Jambi tersebut dibuka dengan ditandai pemukulan bedug yang dilakukan oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amin. 

Wapres Ma'ruf Amin berpesan agar generasi muda muslim Indonesia untuk tidak meninggalkan Alquran dan hadis sebagai panduan hidup. 

"Kegemaran terhadap teknologi jangan sampai menyita seluruh perhatian kita, sehingga kita lupa untuk membaca Alquran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari," ujar Wapres. 

Sambung dia, mengamalkan, membaca dan mengajarkan Alquran mendapatkan keuntungan yang besar. Namun, tentu saja yang dimaksud membaca dan mengajarkan Alquran sebut Ma'ruf Amin, bukan semata-mata membaca huruf dengan huruf, tajwid dan qiraah, kemudian dilombakan,  melainkan juga harus mempelajari maknanya dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya nyatakan STQH tingkat Nasional XXVII Provinsi Jambi resmi dibuka. Semoga Allah SWT memberikan hidayanya dan meridoi upaya yang kita lakukan," tuturnya. 

Seperti diketahui, Provinsi Riau mengirim sebanyak 20 peserta yang mengikuti STQH Nasional di Jambi, terdiri dari tilawah dewasa putra putri, tilawah anak putra putri, tahfiz 1 juz putra putri, tahfiz 5 juz putra putri. 

Kemudian, tahfiz 10 juz putra putri, tahfiz 20 juz putra putri, tahfiz 30 juz putra putri. Selanjutnya, tafsir putra putri, hadist 100 sanad putra putri, hadist 500 sanad putra putri.*