Ekspor Pertanian Riau Meningkat, Gubri MoU dengan BSIP

Ekspor Pertanian Riau Meningkat, Gubri MoU dengan BSIP

12 Juli 2023
Penandatanganan MoU Gubri dengan BSIP

Penandatanganan MoU Gubri dengan BSIP

RIAU1.COM - Penandatangan nota kesepakatan atau MoU dilakukan Gubernur Riau Syamsuar dengan Kepala Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementerian Pertanian, Fadjry Djufry, Rabu (12/7/23). 

Gubri Riau Syamsuar menerangkan, jika kegiatan MoU dengan Kepala BSIP Kementerian Pertanian ini dalam rangka agar ke depan semua produk di seluruh bidang pertanian khususnya harus memiliki standar. 

Sebab jelas Syamsuar, kalau menyangkut kebutuhan pangan, termasuk juga kalau sudah ekspor yang dituntut adalah standarisasi dari produk tersebut. 

"Makanya kerja sama dengan BSIP Kementerian Pertanian ini sangat dibutuhkan apalagi kan ekspor pertanian kita kan sekarang meningkat gitu," ujar Gubri. 

Lanjut dia, kalau sudah menyangkut dengan ekspor, oleh sebab itu yang dibutuhkan juga BSIP ini dalam rangka untuk mendapatkan pengakuan bahwa yang ekspor tersebut layak untuk ekspor. 

"Termasuk juga yang berkenaan dengan benih benih produk pertanian dari di Riau, ini kan juga harus mendapatkan pengakuan juga daripada badan standardisasi saat ini," ujarnya.

Gubri juga menerangkan, selain melakukan penandatanganan kerja sama, sekaligus juga dilakukan penyerahan 6 varietas padi dari Riau yang diakui oleh BSIP ini.

Pengakuan standardisasi inilah, disebut Syamsuar yang diharapkan oleh Riau, apalagi Riau sekarang juga sudah mandiri benih. 

"Ya kalau selama ini benih kita ini masih didatangkan dari Kementrian Pertanian, dari mana-mana, kalau sekarang dengan adanya kemandirian benih ini, petani tidak perlu lagi mencari benih kemana, tapi benih ini juga harus memiliki standardisasi diharapkan nanti produksi nya baik dan meningkat," ucapnya.*