Plt Bupati Kuansing Sambangi Kementerian LHK Perjuangkan Kayu Jalur

Plt Bupati Kuansing Sambangi Kementerian LHK Perjuangkan Kayu Jalur

7 April 2023
Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby di Kementerian LHK

Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby di Kementerian LHK

RIAU1.COM - Bagian dari upaya memperjuangkan kebutuhan kayu jalur bagi masyarakat Kuansing, beluim lama ini Plt Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby mendatangi Kementerian Lingkungan HidupDan Kehutanan di Jakarta.

"Kehadiran di Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan dalam rangka memperjuangkan kebutuhan kayu jalur sebagian desa dan masyarakat Kuansing," kata Plt Bupati Kuansing.

Dijelaskan, jika dirinya diterima langsung Direktur Pengendalian Usaha Panfaatan Hutan (PUPH) Kementrian LHK, Ir Khairi Wenda.

"Setalah kita penyampaikan pokok permasalahan terkait kebutuhan kayu jalur masyarakat, disertai data yang kongkret. Kementerian LHK melalui Direktorat PUPH, sangat merespon apa yang kita sampaikan dan usulkan,"ucap Suhardiman.

Diperkirakan awal April nanti, sambung dia, surat persetujuan dari Kementrian LHK sudah bisa diterima dan masyarakat yang sudah mengajukan bisa segera mengeksekusinya.

Sementara Kadis LH Kuansing, Deflides Gusni menambahkan, Kementrian LHK sangat merespon keinginan Plt Bupati terkait usulan kebutuhan kayu jalur. 

"Jadi tadi Pak Direktur PUPH menyampaikan ada beberapa opsi untuk keberlangsungan dan ketersediaan kayu jalur ini," terangnya.

"Untuk opsi jangka pendek, kita tinggal menunggu surat persetujuan dari Kementrian LHK, karena memang kita sudah melalui sejumlah tahapan, termasuk koordinasi dengan Dinas LHK Provinsi Riau. Adapun jumlah desa yang mengajukan pembuatan jalur baru hingga tahun 2023 mencapai 59 jalur," terang Deflides.*