Selamat, Kampung Dayun Siak Juara 1 Ajang Anugerah Desa Wisata Kategori Kelembagaan

Selamat, Kampung Dayun Siak Juara 1 Ajang Anugerah Desa Wisata Kategori Kelembagaan

31 Oktober 2022
Penerima anugerah Desa Wisata 2022

Penerima anugerah Desa Wisata 2022

RIAU1.COM - Juara 1 nasional dalam kategori kelembagaan desa wisata di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 berhasil diraih Desa wisata Dayun Kabupaten Siak. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). 

Kategori kelembagaan desa wisata bertujuan untuk menunjukkan kolaborasi antara masyarakat dalam upaya mengembangkan potensi desa di wilayah masing-masing.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat memberikan apresiasi untuk Desa wisata Dayun yang telah berhasil meraih peringkat pertama kategori kelembagaan desa wisata ADWI 2022.

Dikatakan dia, prestasi ini merupakan kebanggan untuk Provinsi Riau karena telah mampu bersaing dan unggul dari desa wisata lainnya  se-Indonesia.

“Tentu kita bahagia sekali, berarti tandanya kita bisa bersaing dengan daerah-daerah lain se-Indonesia. Kita bisa lebih unggul dari desa wisata lainnya, khusus di bidang kelembagaan,” katanya, Ahad (30/10/2022) malam.

Roni menjelaskan, bahwa desa wisata ini memiliki tujuh kategori. Desa wisata dayun mempunyai ke unggulan terhadap kelembagaannya. Karena, masyarakat di desa tersebut banyak yang sadar wisata, kreatif, inovatif, dan kolaboratif. Sehingga, mampu memberikan nilai tambah, menciptakan peluang usaha, serta lapangan kerja.

Loading...

“Desa wisata ini ada tujuh kategori. Pada saat lomba kita sudah memutuskan desa dayun ini masuk ke dalam desa kelembagaan karena itu yang unggul di sana. Dari sisi administrasi, dari sisi kepengurusan pokdarwisnya, dan dari sisi pengelolaan destinasinya. Jadi jelas keuntungan pola-pola disana sangat kreatif desanya. Itulah yang menjadi andalan mereka,” jelasnya.

Roni Rakhmat menjelaskan, saat ini Provinsi Riau telah memiliki dua desa wisata yang telah mendapatkan Anugerah Desa Wisata Indonesia.

“Kita saat ini sudah ada dua desa terbaik nasional khusus desa wisata yang pertama Desa Wisata Koto Mesjid, kampung Patin Kampar kemarin itu juara 2 nasional dengan kategori suvernir. Sekarang ini bertambah desa dayun menjadi juara satu kategori kelembagaan,” jelasnya.*