Wali Kota Pariaman Terima Gelar Profesor di Jungwon University Korsel

Wali Kota Pariaman Terima Gelar Profesor di Jungwon University Korsel

18 Maret 2023
Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat terima gelar

Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat terima gelar

RIAU1.COM - Gelar Kehormatan Profesor dari Jungwon University, Korea Selatan dianugerahi pada Wali Kota Pariaman, Genius Umar.

Gelar tersebut diperoleh berkat kegigihan dalam mengembangkan pariwisata Pariaman dan demi peningkatan perekonomian masyarakat.

Rektor Jungwon University, Goesan Korea Selatan, Presiden Profesor Hwang Yun-Heon, mengukuhkan gelar Kehormatan Profesor, kepada Wali Kota Pariaman Genius Umar, Kamis (16/3/2023).

Dalam orasi pengukuhannya, Genius seperti dimuat Katasumbar mengatakan, Pemko Pariaman telah menetapkan visinya sebagai kota tujuan wisata. Dalam mengambil kebijakan selau mengedepankan tentang peningkatan ekonomi masyarakat melalui pariwisata.

“Apalagi kita berada di kawasan pesisir pantai, maka pengembangan wisata bahari, dan kebudayaan menjadi penunjang pariwisata di Pariaman,” ujarnya di Jungwon University, Korsel dilansir dari situs resmi Pemko Pariaman.

Genius menilai, dengan pengembangan pariwisata akan menimbulkan multiflier effect, banyak dunia usaha yang ikut untuk berkembang mulai dari wisata kuliner hingga ekonomi kreatif.

“Berkat kerja keras dan dukungan semua pihak, pengembangan pariwisata Kota Pariaman telah mendapatkan impact dari pembangunan pariwisata. Mulai dari pertumbuhan ekonomi (PE) dimana saat pandemi minus satu, kemudian satu tahun pandemi tumbuh menjadi 4,55,” jelasnya.

Berkat pariwisata, peredaran uang di Kota Pariaman mengalami peningkatan hingga 98,5 persen dari tahun 2021 ke tahun 2022, sehingga hal ini memicu peningkatan pendapatan warga lokal.

Strategi peningkatan pariwisata diawali dengan penetapan master plan wisata lewat Rencana Induk Pengembangan Pariwisata (RIPPAR) yang menjadi pedoman dalam pengembangan pariwisata.

“Kita juga menetapkan pariwisata di Kota Pariaman menjadi empat zona. Mulai dari zona rekreasi bahari yaitu Pantai Gandoriah hingga Pantai Sunur. Kemudian zona ecowisata bahari di Pulau Kasiak Nareh hingga zona wisata minat khusus dan zona agrowisata pedesaan,” terangnya.

Lebih lanjut Genius memaparkan, kebijakan- kebijakan yang dibuat mengantarkan pariwisata di Kota Pariaman memberikan impact yang bagus bagian pertumbuhan perekonomian yang tentu berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

Ia menambahkan, Pariaman memiliki wisata budaya tabuik yang menjadi magnet untuk mendatangkan turis lokal dan mancanegara ke Kota Pariaman. Disamping itu Pariaman juga memiliki pulau-pulau yang indah untuk snorkling dan diving.

“Kami juga menata kawasan tepi sungai menjadi kawasan water front city. Pariaman juga telah menerapkan smart city dan smart living dengan berbagai program peningkatan kualitas pendidikan dan memberikan kehidupan layak bagi warga Kota Pariaman,” ucapnya.

Di bidang pendidikan, Kota Pariaman menjamin pendidikan gratis hingga 12 tahun dan program beasiswa Saga Saja (satu keluarga satu sarjana) bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu, untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi vokasi yang terbaik di Indonesia yang telah bekerjasama dengan kita.

“Terkait kesehatan jaminan kesehatan di Kota Pariaman sudah mengcover 99,6 persen lebih warga kita. Termasuk juga program perbaikan sanitasi air bersih dan renovasi rumah warga kurang mampu,” tutupnya.

Sementara itu Rektor Jungwon University, Goesan, Korea Selatan, Presiden Profesor Hwang Yun-Heon mengatakan, bahwa sosok Genius Umar adalah pemimpin yang sukses, mempunyai perspektif yang luas dan visi ke depan yang jelas untuk meningkatkan sumber daya manusia dan ekonomi masyarakat.

“Karena berbagai program kebijakan dan upaya dan kerja keras beliau untuk memajukan pariwisata yang memberikan dampak dan manfaat yang besar bagi masyarakat nya, kami menganugerahkan gelar profesor atas kegigihannya,” sebut dia.*