Utamakan Atlet Senior di SEA Games 2019, PB Forki Pertimbangkan Kirim Kareteka Junior

Utamakan Atlet Senior di SEA Games 2019, PB Forki Pertimbangkan Kirim Kareteka Junior

28 Maret 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Pengurus Besar (PB) Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) belum akan memikirkan untuk atlet senior dan junior pada ajang SEA Games 2019 mendatang.

Sekretaris Jenderal PB Forki, Raja Sapta Ervian mengatakan, akan berupaya mengikuti ketentuan pengiriman atlet dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI untuk SEA Games 2019.

Ervian mengungkapkan, PB Forki memprioritaskan pengiriman karateka senior di setiap kejuaraan bergengsi. khususnya untuk kejuaraan bersifat turnamen multievent.

"Yang jelas kami prioritas di SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade. Untuk pengiriman atlet junior di SEA Games 2019, akan kita pertimbangkan," ujar Ervian, dilansir Tempo.co, Kamis 28 Maret 2019.

Ervian menuturkan, ajang SEA Games mestinya diikuti oleh karateka senior. Karena, karateka junior sudah mempunyai kejuaraan tersendiri. "Di (kejuaraan) junior kami tetap akan optimal. Kan nanti output-nya untuk senior juga," sebutnya.

Seperti yang diketahui, Menpora RI, Imam Nahrawi sebelumnya menyatakan Indonesia akan mengirim atlet junior dengan persentase mencapai 60 persen di pada SEA Games 2019 di Manila.

Imam Nahrawi menilai, SEA Games hanya menjadi batu loncatan bagi para atlet muda agar bisa mengembangkan kemampuan dan bersiap ke ajang yang lebih besar.

Sementara atlet senior disiapkan untuk Olimpiade 2020 di Jepang. Nantinya, atlet senior tersebut ditargetkan bisa membawa pulang medali.