Adakan Panjat Tebing Pinggir Sungai Siak, KONI Pekanbaru Klaim Perdana di Indonesia

Adakan Panjat Tebing Pinggir Sungai Siak, KONI Pekanbaru Klaim Perdana di Indonesia

29 Mei 2019
Free climbing

Free climbing

RIAU1.COM - Free Climbing Competition menjadi salah satu kejuaraan dalam event sport tourism Pekanbaru International Dragon Boat Festival (PIDBF) yang akan berlangsung tanggal 21 Juni hingga 23 Juni 2019 mendatang.

Ketua KONI Kota Pekanbaru, Anis Murzil mengklaim, kejuaraan panjat tebing di pinggir sungai Siak itu merupakan event yang pertama kali digelar di Indonesia.

"Karena kita sudah searching dan memang belum pernah digelar di Indonesia, kita yang pertama kali menggelar kejuaraan panjat tebing ini," kata Anis kepada Riau1.com, Rabu 29 Mei 2019.

Anis menuturkan, free climbing ini cukup berbeda dengan kejuaraan panjat tebing biasanya. Karena, venue-nya berada tepat di pinggir Sungai Siak.

"Para atlet, tidak dilengkapi dengan tali pengaman apapun. Jadi, atlet yang sudah mencapai puncak maupun yang gagal, akan langsung jatuh ke sungai," tuturnya.

Terkait dengan keamanan para atlet, Anis mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan tim Basarnas untuk memastikan keamanan di sungai untuk para atlet.

"Tim Basarnas nantinya akan melakukan penyisiran di Sungai Siak disekitar venue free climbing, untuk memastikan keamanan para atlet yang akan ikut serta dalam kejuaraan ini," tukasnya.