Venue Free Climbing Mulai Dibangun, Anis Murzil: 100 Lebih Atlet Panjat Tebing se-Indonesia akan Ikut Serta

Venue Free Climbing Mulai Dibangun, Anis Murzil: 100 Lebih Atlet Panjat Tebing se-Indonesia akan Ikut Serta

30 Mei 2019
Ketua KONI Kota Pekanbaru, Anis Murzil

Ketua KONI Kota Pekanbaru, Anis Murzil

RIAU1.COM - Tepat di hari ulang tahunnya ke-235, Kota Pekanbaru yang jatuh pada bulan Juni 2019 mendatang, menggelar perhelatan pertandingan olahraga bertajuk Pekanbaru International Dragon Boat Festival (PIDBF).

Dalam event ini, akan ada berbagai kegiatan pertandingan olahraga yang telah dipersiapkan pihak panitia, mulai dari sepak raga (sepak takraw), pencak silat, lari, free climbing hingga dragon boat yang menjadi pertandingan utama.

Ketua KONI Kota Pekanbaru, Anis Murzil mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan, mulai dari koordinasi dengan instansi terkait dan juga Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, menyebar undangan, dan juga persiapan venue.

"Untuk lokasi pertandingan lima cabang olahraga (cabor) ini, kita pusatkan di pinggir sungai Siak, tepatnya di kawasan Rumah Singgah Tuan Kadi," kata Anis kepada Riau1.com, Kamis 30 Mei 2019.

"Berbagai persiapan sudah kita lakukan, termasuk menyebar undangan hingga ke beberapa negara tetangga, dan juga kita sudah mulai membangun venue untuk cabor free climbing," sambungnya.

Untuk free climbing, Anis menuturkan, venue-nya akan dipusatkan di tepi sungai Siak dekat kawasan Polair Polda Riau, dan pihaknya sudah mendapat konfirmasi dari sejumlah atlet panjat tebing yang akan turut berpartisipasi.

"Ada 100 lebih atlet panjat tebing se-Indonesia yang sudah memberikan konfirmasi untuk ikut serta dalam event kejuaraan free climbing yang memang baru pertama kali digelar di Indonesia," tuturnya.

Anis mengungkapkan, pemilihan Sungai Siak sebagai venue, untuk mempublikasikan bahwa Kota Pekanbaru memiliki sungai terdalam yang masih minim perhatian, dan ternyata bisa dijadikan untuk sarana olahraga.

"Setelah kita publikasikan (free climbing), sambutan ratusan panjat tebing nasional cukup tinggi. Kita juga akan mengundang legenda panjat tebing nasional untuk datang ke Pekanbaru," pungkasnya.