Protes Keras Dari Belahan Dunia Terkait Muslim Uighur Ancam Perayaan Olimpiade 2022 di China

Protes Keras Dari Belahan Dunia Terkait Muslim Uighur Ancam Perayaan Olimpiade 2022 di China

26 Desember 2019
Protes Keras Dari Belahan Dunia Terkait Muslim Uighur Ancam Perayaan Olimpiade 2022 di China

Protes Keras Dari Belahan Dunia Terkait Muslim Uighur Ancam Perayaan Olimpiade 2022 di China

RIAU1.COM - Saat ini, Tiongkok sedang ditekan secara global, terutama oleh para aktivis HAM Uighur, untuk menutup semua kamp konsentrasi yang telah mereka bangun atau menghadapi kemungkinan Olimpiade 2022 di Beijing dibatalkan.

Berkat internet, masalah ini menyebar dengan sangat cepat ke seluruh dunia ketika media internasional dengan cepat membocorkan informasi yang bocor tentang praktik China. Pengungkapan tentang kesulitan yang dihadapi oleh Uyghur mendapat perhatian dari pesepakbola Mesut Ozil dan bahkan penyanyi Maher Zain.

Di antara para aktivis adalah Irade Kashgary, seorang wanita asal Uyghur, yang mengirim surat ke PBB menjelang Olimpiade 2022 menuntut agar Cina harus menghormati hak asasi manusia Uyghur.

"Jadi pada awalnya, kita sebagai aktivis global berkumpul karena kami menemukan bahwa sungguh ironis bahwa Olimpiade seharusnya mempromosikan perdamaian dan menjaga martabat manusia sementara itu diadakan di Beijing selama 2022." Irade Kashgary menjelaskan dalam sebuah wawancara dengan News Asia .

Mereka saat ini menggunakan gerakan # NoRightsNoGames2022 dengan harapan bahwa Cina akan melakukan apa yang diperintahkan bersama dengan permintaan untuk menghormati hak-hak mereka di luar kamp. Jika China menolak perintah tersebut, kelompok aktivis ini akan mengambil tindakan untuk memanggil Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk memilih negara yang berbeda untuk pertandingan tersebut.

“Kami ingin Olimpiade maju, kami ingin Olimpiade berhasil. Tetapi intinya adalah bahwa mereka tidak akan berhasil jika mereka ditahan di negara di mana ada kamp konsentrasi, dan mereka memperlakukan populasi dengan cara ini. Kami hanya ingin tahu bahwa IOC akan meminta pertanggungjawaban Tiongkok, ”lanjutnya.

Menurut Wakil, pada konferensi pers pada awal Desember, Presiden IOC Thomas Bach ditanya apakah organisasi masih akan mengadakan pertandingan mengingat perlakuan China terhadap Muslim Uyghur.

"Ada dialog yang sedang berlangsung di sana dengan panitia penyelenggara, dan kami mengambil tanggung jawab ini dengan sangat serius," kata Bach. “Tetapi kita juga harus menghormati batasan dan keterbatasan kita. Mandat kami dan tanggung jawab kami berkaitan dengan Olimpiade. "

Namun, pemerintah Tiongkok tetap egois dan bersikeras bahwa kamp konsentrasi adalah "kamp pendidikan ulang", dan telah membantah semua tuduhan hukuman kejam terhadap tahanan Uyghur mereka.

 

 

 

 

R1/DEVI