Unjuk Rasa Mahasiswa di DPRD Riau Lumpuhkan Ruas Jalan Jenderal Sudirman Hingga Petang

Unjuk Rasa Mahasiswa di DPRD Riau Lumpuhkan Ruas Jalan Jenderal Sudirman Hingga Petang

30 September 2019
Mahasiswa menggelar aksi di ruas jalan depan DPRD Riau, Senin (riau1)

Mahasiswa menggelar aksi di ruas jalan depan DPRD Riau, Senin (riau1)

RIAU1.COM -Unjuk rasa sejumlah mahasiswa di depan gedung DPRD Riau, Senin 30 September 2019 berlangsung berjam-jam hingga sore. Tak ayal, aktivitas ruas Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, tepatnya depan rumah rakyat tersebut pun lumpuh total.

Mahasiswa menggelar orasi di depan DPRD Riau, persisnya di ruas jalan. Massa juga duduk di aspal, sehingga ruas jalan tak bisa digunakan oleh kendaraan. Walhasil, kendaraan pun dialihkan rutenya melalui jalan alternatif.

Unjuk rasa bergantian sejak siang tadi dan berjalan sampai Senin sore, membuat ruas jalan tak bisa digunakan. Karena massa menggelar aksi di jalan, polisi pun mengalihkan arus lalu lintas.

Massa yang masih berunjuk rasa hingga Senin sore, dari kalangan aliansi mahasiswa Riau menggungat.

Tuntuan mereka antara lain menolak RKUHP, UU pertambangan Minerba, RUU Pertanahan, RUU pemasyarakatan, RUU ketenagakerjaan, dan mendesak pembatan UU KPK dan UU SDA.

Selain itu, tuntutan lainnya batalkan pimpinan KPK bermasalah pilihan DPR, tolak TNI dan Polri menempati jabatan sipil, terkait konflik papua, menyoal kriminalisasi aktivis, masalah Karhutla serta terkait pelanggaran HAM.

Sampai berita diturunkan, demonstrasi masih berlangsung. Tuntutan massa juga sudah direspon oleh anggota DPRD Riau yang mendatangi mahasiswa. Setelah ini, mahasiswa berencana membubarkan diri.