Muflihun Bantah 'Menikung' Usulan Gubri Soal Pj Wali Kota Pekanbaru

Muflihun Bantah 'Menikung' Usulan Gubri Soal Pj Wali Kota Pekanbaru

6 Agustus 2023
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Foto: Istimewa.

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Muflihun membantah bahwa ia "menikung" tiga pejabat yang diusulkan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru. Faktanya, tiga pejabat Pemprov Riau yang diusulkan Gubri Syamsuar telah "terpapar".

"Saya tak pernah bermimpi menjadi wali kota. Awalnya, gubernur meminta saya menjadi Pj wali kota. Tak saya iyakan," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun dalam kegiatan Bang Uun Menyapa warga Kecamatan Payung Sekaki di Jalan Pemuda, Sabtu (5/8/2023). 

Karena, ia harus berdiskusi dahulu dengan ketua DPRD Riau. Pasalnya, Muflihun menjabat Sekretaris DPRD Riau ketika itu. 

"Saat pengusulan (Pj wali kota Pekanbaru), nama saya tak dibawa. Padahal, saya adalah orang terdekat gubernur," ungkapnya. 

Tiba-tiba, Muflihun dihubungi oleh salah seorang direktur jenderal (Dirjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Muflihun diminta segera mengirimkan berkas. 

"Disampaikan dirjen itu, usulan gubenur Riau telah terpapar. Bahasanya begitu," sebut Muflihun. 

Kebetulan, Muflihun sedang bawa anak dan istri belanja di Jakarta. Namun, Muflihun menyampaikan bahwa ia harus melapor ke gubernur.

"Dirjen itu menyampaikan bahwa berkas itu harus segera dimasukkan. Malam ini harus dikirim dahulu. Besok baru menghadap gubernur. Saya kirim Curriculum Vitae (data riwayat hidup) saya," cerita Muflihun. 

Ia dan keluarga berencana kembali ke Pekanbaru pada hari Kamis. Ia akan menghadap gubernur. 

"Hari Rabu, beliau (gubernur) tahu. Dibilangnya saya menikung. Ini faktanya. Saya tak pernah menikung orang. Saya juga tak pernah berpikir menjadi wali kota," tutur Muflihun. 

Pada periode kedua Pj wali kota Pekanbaru, nama Muflihun kembali tak diusulkan gubernur. Padahal, ia sudah bekerja dengan maksimal sebagai Pj wali kota

"Saat itu, saya sampaikan ke istri agar membereskan rumah dinas. Karena sepertinya tak diperpanjang (sebagai Pj wali kota)," sebut Muflihun. 

Rupanya, ia diamanahkan kembali sebagai Pj wali kota. Padahal, Muflihun hanya peringkat kedua dalam hasil evaluasi mendagri. 

"Saya juga tak berharap untuk maju menjadi wali kota (pada Pilkada tahun depan). Saya belum berpikir hingga ke sana," jelasnya.