Para Sekda Harap Anggaran Pilkada 2024 Ditanggung Pemprov Riau

Para Sekda Harap Anggaran Pilkada 2024 Ditanggung Pemprov Riau

27 Maret 2023
Plt Asisten III Setdako Pekanbaru Syoffaizal. Foto: Surya/Riau1.

Plt Asisten III Setdako Pekanbaru Syoffaizal. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Para sekretaris daerah (sekda) dari 12 kabupaten dan kota berkumpul di Ruang Melati Kantor gubernur Riau, Senin (27/3/2023). Mereka membahas anggaran dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau yang diajukan ke Pemprov sebesar Rp63 miliar.

"Hari ini, Pemprov Riau mengumpulkan seluruh sekda guna menandatangani komitmen untuk menyukseskan Pilkada 2024. Saya mewakili sekda dalam rapat ini," kata Pelaksana Tugas (Plt) Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Syoffaizal usai rapat. 

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Masrul Kasmy yang memimpin rapat tersebut menyampaikan, ada beberapa item yang akan ditanggung Pemprov Riau. Namun, para sekda dari 12 kabupaten dan kota berharap dana Pilkada ini lebih baik ditanggung Pemprov Riau. 

"Dalam rapat tadi, Pemprov Riau hanya ingin menanggung honor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), sekretaris PPK, dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Sementara, KPU Pekanbaru mengajukan anggaran Rp63 miliar," ungkap Syoffaizal. 

Berarti, Pemprov Riau hanya menanggung Rp4,3 miliar jika hanya menanggung honor PPK, sekretaris PPK, dan PPDP. Anggaran itu dinilai sangat kecil oleh para sekda. 

"Untuk wilayah Kota Pekanbaru saja, honorarium PPK dan PPDP ini bisa mencapai Rp16 miliar. Sebagaimana diketahui, kondisi keuangan Pemko Pekanbaru masih kurang baik," ucap Syoffaizal. 

Namun, hasil rapat belum final. Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy akan menyampaikan hasil rapat kepada Sekdaprov Riau SF Hariyanto. 

"Ini baru pembahasan anggaran untuk KPU Riau. Nanti ada juga pembahasan anggaran untuk Bawaslu Riau," jelas Syoffaizal.