Menteri Sandiaga Uno akan Kunjungi Pelalawan, Berikut Agendanya

Menteri Sandiaga Uno akan Kunjungi Pelalawan, Berikut Agendanya

17 September 2021
Menteri Sandiaga Uno

Menteri Sandiaga Uno

RIAU1.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, telah menyatakan kesediaan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pelalawan, Riau dalam waktu dekat.

Agenda utama Menparekraf adalah untuk meninjau atraksi wisata Bono di Kecamatan Teluk Meranti. Destinasi ini adalah ikon wisata Kabupaten Pelalawan dan Provinsi Riau. Sandiuno juga dijadwalkan menghadiri Upacara Adat Penabalan Akbar di Istana Sayap Kesultanan Pelalawan.

"Undangan untuk Bang Menteri terbilang sangat istimewa. Melibatkan tiga institusi berwibawa, yaitu, Sultan Pelalawan, LAMR Kabupaten Pelalawan dan Pemdakab Pelalawan sendiri," kata Ketua Umum DPH Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Pelalawan, Datuk Seri Tengku Zulmizan F. Assagaff.

Menurut Zulmizan, komunikasi hajatan ini telah dijalin cukup lama. Pihak telah Sandiuno memberi respon positif. Namun,  selama ini terpaksa ditunda karena kondisi pandemi COVID-19 yang masih berat.

"Ketiga penabalan akan ditaja dalam suatu rangkaian upacara adat akbar yang akan didahului dengan upacara adat "Togak Tonggol dan Payung Panji Adat." Even istiadat lokal ini telah diakui secara nasional sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dari Kabupaten Pelalawan. 

Loading...

Kemudian, dalam prosesi adat yang juga dihadiri oleh Gubernur Riau Syamsuar, Pucuk Pimpinan LAM Riau dan tokoh-tokoh lainnya, Sandi juga menyatakan kesediaannya untuk menghadiri jemputan agung ke Istana Sayap selain meninjau Bono, dan minta para pihak segera mendiskusikan waktu pelaksanaan yang tepat.

"Tentu kami sangat berharap jadwal kunjungan Bang Menteri akan sesuai rencana, namun kami siap saja menyesuaikan, yang penting Bang Menteri jadi berkunjung ke Pelalawan," ujar Zulmizan.*