Seperti Ini Bupati Zukri Memaknai Gelar Adat Datuk Setia Amanah

Seperti Ini Bupati Zukri Memaknai Gelar Adat Datuk Setia Amanah

10 Desember 2021
Saat acara prosesi penabalan

Saat acara prosesi penabalan

RIAU1.COM - Bupati Pelalawan Zukri Misran dan Wakil Bupati Pelalawan Nasaruddin resmi menyandang gelar Datuk Setia Amanah Adat dan Timbalan Datuk Setia Amanah Adat. 

Penabalan gelar adat tersebut ditandai dengan pemasangan Tanjak oleh Sultan Pelalawan X Assayyidis Syarif Kamaruddin Haroen Tengku Besar Pelalawan, pemasangan salempang oleh Datuk Seri Setia Amanah Syamsuar dan pemasangan keris oleh Ketua DPH LAM Riau Syahril Abu Bakar di Istana Sayap Kesultanan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan, Kamis (9/12/2021). 

Atas gelar yang diberikan kepadanya, Zukri Misran mengucapkan terimakasih kepada Sultan Pelalawan X Assayyidis Syarif Kamaruddin Haroen Tengku Besar Pelalawan, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, dan seluruh masyarakat Pelalawan yang telah memberikan kepercayaan, dan ia mengatakan gelar tersebut bukanlan suatu beban, melainkan tugas mulia yang harus dijalaninya. 

"Tugas mulia ini mengandung arti sangat berat yang tidak semua orang sanggup memikulnya, kami menyadari dipundak kamilah tertumpang kepercayaan yang sangat besar dari masyarakat adat dinegri ini," ujarnya. 

Kemudian Zukri menyebut, itu menjadi tugas khususnya untuk mewujudkan keinginan masyarakat adat Kabupaten Pelalawan yang selama ini terus menjaga, melestarikan bahkan mengembangkan budaya Melayu dengan nilai luhur dan harkat martabat yang tinggi di Negeri Melayu. 

Loading...

"Gelar Datuk Setia Amanah Adat dan Timbalan Datuk Setia Amanah Adat yang kami sandang merupakan amanah untuk memimpin dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Pelalawan," jelasnya. 

Namun, untuk mewujudkan kesejahteraan tersebut kata dia, diperlukan dukungan dari masyarakat Kabupaten Pelalawan, termasuk para tokoh adat dan orang tua.*