Rabu, 05 Oktober 2022

PELALAWAN

Inovasi Sistem Satu Data Pelalawan Permudah Layanan Bagi Masyarakat

news24xx


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pelalawan, Hendry Gunawan  Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pelalawan, Hendry Gunawan

RIAU1.COM - Sebagai upaya mewujudkan visi dan misi Pelalawan Maju bersama Bupati Zukri dan Wakil Bupati Nasaruddin dalam tatakelola pemerintahan berbasis elektronik, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau telah melakukan terobosan dan inovasi.

Baca Juga: Seperti Ini Kronologi Harimau Sumatera Terkam Karyawan PT Peranap Timber Hingga Tewas

Bentuk inovasi tersebut adalah dengan membangun sistem, tatakelola infrastruktur dan pengelolaan database melalui satu data bertujuan mempermudah pelayanan kepada masyarakat dengan berbasis teknologi informasi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pelalawan Hendry Gunawan di dampingi oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengelolaan E-Government Alfi Anansyah Putra dii Ruang Commad Center Diskominfo Lantai I Pangkalan Kerinci. Selasa (02/08/2022).

Hendry Gunawan mengatakan, ada tiga program strategis yang menjadi pekerjaan rumah Dinas Kominfo mendukung Pelalawan Maju 2026,  yakni Pembuatan Aplikasi Klik Pelalawan, Membangun One Big Data serta Smart City Kabupaten Pelalawan.

"Walaupun untuk Smart City sudah di kembangkan sejak beberapa tahun lalu oleh institusi dan lembaga terkait, yakni pemerintah pusat maupun pemerintah daerah tentunya implementasi dari tata pemerintahan yang humanis dan sinergitas ini antar OPD sebagai acuan untuk mewujudkan E- goverment di Kabupaten Pelalawan masih terus berjalan," kata dia 

Hendry menambahkan, untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat dalam satu genggaman berbasis elektronik yang dapat di download masyarakat melalui playstore yaitu aplikasi klik pelalawan. Klik pelalawan memberikan fitur layanan menarik kepada masyarakat dalam mempermudah masyarakat mengakses layanan dan informasi.

"Klik Pelalawan menyediakan fitur aplikasi yang mempermudah layanan dan informasi berbasis android bisa di download melalui playstore yakni klik lapor, klik KTP, klik media center, klik pendidikan, klik publik, klik wisata, klik perizinan, klik berobat, klik BUMD, klik loker, klik UMKM, klik sembako, klik CSR, klik info pajak dan klik nomor penting.” papar Hendry.

Meskipun demikian, Hendry mengatakan bahwa secara infrastruktur dan layanan fitur sudah seratus persen selesai, akan tetapi, aplikasi belum dapat kita launching kepada masyarakat Pelalawan, karena masih menunggu proses pengerjaan lelang untuk armada mobil cetak KTP oleh Disdukcapil dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan karena akan adanya integrasi sistem yang saling terhubung dan bisa langsung cetak di tempat.

Baca Juga: Pencabutan HGU PT TUM Didukung LAMR Pelalawan

“Klik pelalawan ada fitur klik KTP ini akan terhubung antara sistem dengan pelayanan administrasi kependudukan oleh Disdukcapil yang langsung cetak di tempat. Sehingga KTP masyarakat langsung jadi saat itu juga, untuk sementara ini proses pengerjaan pemenang lelang mobil sedang berjalan dan kita harapkan dalam bulan ini selesai sehingga bisa kita launching aplikasi Klik Pelalawan ini," tutur Hendry.**





loading...
Loading...