Akademisi: Keputusan Ustadz Abdul Somad Dukung Prabowo Bisa Ubah Elektoral

Akademisi: Keputusan Ustadz Abdul Somad Dukung Prabowo Bisa Ubah Elektoral

12 April 2019
Ustadz Abdul Somad secara terbuka mendukung Prabowo Subianto.

Ustadz Abdul Somad secara terbuka mendukung Prabowo Subianto.

RIAU1.COM - Menambah amunisi baru. Keputusan terbuka Ustad Abdul Somad mendukung Pasangan Capres-cawapres Prabowo-Sandiaga berpotensi mengubah tren elektoral di Pilpres 2019. 

Pencinta Ustadz Abdul Somad akan mengikuti langkah sang Ustadz memilih Prabowo-Sandi di Pilpres tanggal 17 April 2019 nanti.

Menurut peneliti komunikasi politik Universitas Telkom Dedi Kurnia Syah, Jumat (12/4/2019), keputusan Ustadz Abdul Somad secara terbuka mendukung Prabowo Subianto bisa mengubah tren elektoral di Pilpres.

 

“Kalau kita membaca hasil survei sejauh ini, opini mengenai tokoh terpercaya dan berpengaruh di masyarakat masuk dua besar sebagai faktor perubahan elektoral, petahana layak mencari penyeimbang UAS jika tidak ingin terkejar tingkat keterpilihannya,” ujar Dedi, seperti dilansir bisnis.com. 

Dedi menjelaskan, ketokohan UAS memiliki tingkat penerimaan publik lebih luas dibanding tokoh-tokoh yang berada di kubu petahana, bahkan dengan Ma'ruf Amin sekalipun daya ungkit elektoral UAS lebih kuat.

“UAS masuk ke kelas sosial beragam, baik muslim khalaf (modern) dan shalaf (tradisional), sehingga diterima lebih banyak orang dibanding tokoh lain. Bahkan dengan Ma'ruf Amin sekalipun, UAS lebih potensial. Karena ia tidak segmented,” terang Dedi.

Ditanya apakah bergabungnya UAS di barisan Prabowo menjadi penentu kemenangan, menurut Dedi banyak faktor yang harus dilibatkan, sehingga tidak dapat hanya berpedoman pada satu tokoh saja.

 

“UAS berkontribusi signifikan, tetapi tidak lantas menjadi yang terbesar, banyak faktor yang harus dilibatkan. Jika tokoh-tokoh lain mengikuti jejak UAS, sebut saja Adi Hidayat, Abdullah Gymnastiar, maka peluang menang semakin terlihat,” jelas Dedi.

“Ada risiko yang mengikuti keterbukaan UAS, publik akan menguat mendukung jika gestur komunikasi UAS stabil seperti saat ini, jika kemudian UAS terlalu jauh semisal berorasi dengan ajakan tegas memilih Prabowo, justru akan hilangkan originalitas ketokohannya,” tegas Dedi.

R1/Hee