Jumat, 28 Februari 2020

POLITIK

Sejarah Hari Ini: Ribuan Massa Berunjuk Rasa, Pro Kontra Kepemimpinan Presiden RI Gus Dur

news24xx


Ilustrasi Abdurrahman Wahid atau Gus Dur (Foto: Istimewa/internet) Ilustrasi Abdurrahman Wahid atau Gus Dur (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Tepat hari ini tahun 2001 belasan ribu orang dari elemen mahasiswa dan masyarakat umum berdemonstrasi hampir di seluruh penjuru nusantara.

Aksi demo tersebut terbelah menjadi dua kubu: pro dan kubu anti-Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dinukil dari tirto.id, Rabu, 29 Januari 2020.

Baca Juga: Fadli Zon Klaim Banjir Jakarta 2020 Menurun, Hanya 39 Persen

www.jualbuy.com

Kubu anti-Gus Dur meneriakkan tuntutan agar Gus Dur turun dari jabatan presiden. Sementara kubu pro-Gus Dur meneriakkan slogan-slogan anti Orde Baru dan Golkar.

Demonstrasi yang paling berbekas terjadi di gedung MPR/DPR. Selain terjadi pendobrakan pintu gerbang Kompleks Parlemen oleh mahasiswa anti-Gus Dur, massa yang pro juga turut berdatangan.

Untuk di kota lain seperti di Purwokerto, aksi unjuk rasa nyaris pecah menjadi bentrokan antarkubu. Sementara di Makassar ratusan mahasiswa anti-Gus Dur menggeruduk Gedung DPRD dan melakukan aksi pencopotan foto presiden.

Serta 2.500 massa pro-Gus Dur turut berunjuk rasa memenuhi Gedung DPRD DI Yogyakarta.

Baca Juga: Kaos Bertulis Kata Penghinaan Pada Gubernur Dan Presiden, PKS: Sudahi Cara-Cara Tidak Patut

Iklan Riau1

Gus Dur dituduh melakukan tindak pidana korupsi. Berujung aksi DPR RI menggelar Sidang Paripurna membahas hasil kerja Panitia Khusus (Pansus) investigasi dugaan penyimpangan dana Yayasan Bina Sejahtera (Yanatera) Badan Urusan Logistik (Bulog).





Loading...