Rabu, 03 Juni 2020

POLITIK

Pemerintah Sebut Ini Soal Waktu Pencoblosan Pilkada 2020 Ditengah Covid-19

news24xx


Wakil Presiden RI M'aruf Amin (Foto: Istimewa/internet) Wakil Presiden RI M'aruf Amin (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Wakil Presiden RI M'aruf Amin menyebutkan bahwa pemerintah masih melakukan pengkajian terkait penundaan waktu pencoblosan pemungutan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 ditengah wabah virus corona (Covid-19).

Pernyataan ini disampaikannya di Jakarta dinukil melalui liputan6.com, Sabtu, 28 Maret 2020.

Baca Juga: Direstui Yasonna Laoly, Gelombang Rakyat Indonesia Kini Resmi Disebut Partai Politik

www.jualbuy.com

Meskipun masih melakukan pengkajian, menurutnya pilihan untuk menunda waktu pencoblosan lebih besar mengingat Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memutuskan melakukan penundaan beberapa tahapan.

" Kita (Pemerintah) akan tentukan apakah pilkada ini akan ditunda. Kalau melihat situasinya, (kemungkinan) ditunda sangat besar. Mengenai payung hukumnya, apabila perubahan UU itu tidak dimungkinkan, itu bisa dilakukan melalui Perppu saya kira," sebutnya.

Sebelumnya, KPU melakukan penundaan tahapan Pilkada Serentak 2020. Dibuktikan dengan menerbitkan Keputusan Nomor: 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 dan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020.

Tahapan yang mengalami penundaan itu seperti pelantikan dan masa kerja panitia pemungutan suara (PPS), verifikasi syarat dukungan calon perseorangan.

Baca Juga: Sampaikan Pesan di Instagram, AHY Beberkan Fakta Mengejutkan Tentang Pancasila

Lalu pembentukan petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) dan pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) dan terakhir pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.





loading...
Loading...