Selasa, 14 Juli 2020

POLITIK

Sejarah Hari Ini: Pelantikan Gubernur Termuda Sepanjang Berdirinya Indonesia

news24xx


Ilustrasi pelantikan gubernur (Foto: Istimewa/internet) Ilustrasi pelantikan gubernur (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Bagi sebagian orang, saat ini merupakan hari yang paling bersejarah sepanjang berdirinya republik ini. Pasalnya, gubernur termuda se-Indonesia waktu itu resmi dilantik.

Dialah Ridho Ficardo resmi menjadi Gubernur Lampung di masa pemerintahaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2004.

Ia diangkat menjadi gubernur saat berusia 33 tahun berpasangan dengan Baktiar Basri dilantik langsung oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dinukil dari suara.com, Selasa, 2 Juni 2020.

Meskipun termuda, Ridho mengaku sudah memiliki banyak asam garam kehidupan. Termasuk di dunia politik. Membuatnya mampu bersanding dengan gubernur lain yang lebih tua.

Baca Juga: Partai Demokrat Dukung Pemerintah Aktifkan Kembali Tim Pemburu Koruptor

www.jualbuy.com

Seperti ditempa dengan hidup penuh disiplin oleh lingkungan keluarga dan pendidikan saat masih kecil hingga menjadi ketua OSIS saat duduk di bangku SMA.

Baca Juga: Pengamat Nilai Jokowi Tak Main-Main Hapus 18 Lembaga Negara

Komunikasinya semakin terasah saat duduk di bangku S2 di Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan intelijen.

Dia menjadi orang sipil paling muda pertama lantaran se-kelas dengan para letkol hingga jenderal bintang tiga.

Sementara karir politiknya di mulai setelah Anas Urbaningrum terpilih menjadi Ketua Umum Partai Demokrat pada 23 Mei 2010. Dia langsung diangkat menjadi ketua DPD Demokrat Lampung ditengah kondisi partai sedang berantakan.

Lantaran memiliki pengalaman berorganisasi, Ia berhasil mengelola permasalahan partai dan bisa mengatasi situasi genting. Meskipun saat itu dia dibuat stres selama memimpin.

Selama dua tahun memimpin DPD Lampung, dia mampu membawa dua kemenangan pada 2011 dan 2012 saat meloloskan wakilnya menjadi bupati. Pengalaman di birokrasi ini kemudian menjadi modal kuat bagi Ridho untuk maju ke pemilihan gubernur hingga dia terpilih.





loading...
Loading...