Rabu, 12 Agustus 2020

POLITIK

Sejarah Hari Ini: Lahirnya Pentolan PKI, Dipa Nusantara Aidit

news24xx


DN Aidit sedang berorasi (foto: Istimewa/internet) DN Aidit sedang berorasi (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Tokoh utama Partai Komunis Indonesia (PKI) yang melakukan pemberontakan Madiun 1948 hingga 1965, Dipa Nusantara Aidit atau DN Aidit hari ini lahir tahun 1923.

Dia dibesarkan dengan sistem dan pendidikan dari Belanda dinukil dari merdeka.com, Kamis 30 Juli 2020. Sedangakan untuk urusan karir politiknya didapat saat melanjutkan pendidikan di sekolah dagang.

Baca Juga: Kade-Iyet Bustami Masih Butuhkan Dukungan Partai Lain, Maju Pilkada Bengkalis 2020

www.jualbuy.com

Dimulai dengan mempelajari teori politik Marxis dari Perhimpunan Demokratik Sosial Hindia Belanda yang merubah nama menjadi PKI.

Setelah berkembang dan mendukung paham Marhaenisme, ia lalu dipercaya Sukarno hingga partainya berkembang pesat.

Bahkan PKI disebut-sebut merupakan partai komunis ketiga terbesar di dunia setelah Uni Soviet dan RRC.

Baca Juga: Pajang Foto Muda Dengan Fadli Zon, Fahri Hamzah: Ganteng Mana Coba?

Setelah menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia, PKI mulai menampakkan wujud aslinya. Dimulai dengan mempengaruhi Presiden RI Sukarno untuk menyingkirkan Masyumi hingga menuduh Jenderal TNI melakukan kudeta terhadap presiden.

Puncaknya terjadi pada 30 September 1965. Prajurit bersenjata dibawah Letkol Untung menyatroni rumah para jenderal tertuduh lalu membunuhnya.

Sesudah itu propaganda mereka sebar. Beruntung aksi mereka berhasil digagalkan hanya dalam 5 hari, termasuk dia sendiri. Pasukan TNI AD berhasil menemukan keberadaannya setelah mencoba melarikan diri.

Ada yang mengatakan dia langsung ditembak mati di sebuah sumur. Ada juga yang menyebutkan dia diledakkan bersama rumah tempatnya ditahan dan berbagai kabar lain tentang kematiannya.





loading...
Loading...