Minggu, 20 September 2020

POLITIK

Poros Baru Pilgub Sumbar Tetap Lakukan Penjaringan, Setelah Kabar Dua Partai Dukung Mulyadi-Ali Mukhni

news24xx


Ardyan SHMH Jubir Nasdem Sumbar/net Ardyan SHMH Jubir Nasdem Sumbar/net

RIAU1.COM -PADANG- Tahapan penjaringan Bakal Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur (Cagub dan Cawagub) Sumbar oleh Poros Baru Sumbar tetap berjalan di tengah adanya informasi tentang dua partai bagian dari Poros Baru telah memberikan dukungan kepada Mulyadi- Ali Mukhni.

"Sampai saat ini, kami dari DPD Nasdem Sumbar belum mendapat instruksi atau pun pemberitahuan dari DPP Nasdem soal adanya dukungan yang diberikan kepada pasangan calon tertentu. Mungkin ini baru klaim sepihak. Halnya dengan penjarigan oleh Poros Baru Sumbar tetap berjalan dan telah banyak mendaftar," kata Ardyan, SH, MH, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPW Partai Nasdem Sumbar kepada jernihnews.com, Minggu (09/08/2020).
Baca Juga: Pilkada Berjalan Sukses Tanpa Mengerahkan Massa ? Ini Jawaban Bawaslu



www.jualbuy.com

Menurut Ardyan bakal Cagub/Cawagub Sumbar yang mendaftar ke Poros Tengah di antaranya, yakni Fauzi Bahar, Gusmal, Suherman, Fakhrizal, Genius, Faldo Maldini, Shadiq Padigue, Syamsul Rahim dan lainnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pasangan bakal Cagub/Cawagub Sumbar Mulyadi-Ali Mukhni menyatakan mendapat SK dukungan dari PDI-P dan Partai Nasdem. Dukungan dari PDI-P diterima oleh Mulyadi, sedangkan dukungan dari Partai Nasdem diterima oleh Ali Mukhni. Kedua SK dimaksud ditandatangani oleh ketum dan Sekjen DPP partai masing-masing.

"Alhamdulillah kita juga telah mendapat dukungan dari PDIP dan Partai Nasdem. Pak Mul yang terima SK dari PDI-P dan saya yang terima SK dari Partai Nasdem," kata Ali Mukhni, Minggu (09/08/2020).

Dengan memperoleh dukungan dari PDI-P dan Partai Nasdem, maka Mulyadi-Ali Mukhni telah didukung oleh empat parpol, yakni Partai Demokrat, PAN, PDIP dan Partai Nasdem. Keempat parpol memiliki total jumlah kursi di DPRD Sumbar 26 kursi. PD memiliki 10 kursi, PAN 10 kursi, PDI-P 3 kursi dan Partai Nasdem juga 3 kursi. Jumlah 26 kursi itu sama dengan 40 % dari jumlah kursi DPRD Sumbar seluruhnya, yang banyaknya 65 kursi.
Baca Juga: Tidak Menganggu Pemerintah Daerah, JK Minta Pilkada 2020 Ditunda

Halnya dengan info dukungan atas Mulyadi-Ali Mukhni dapat mengkandaskan skenari Poros Baru Sumbar karena total kursi parpol yang tergabung di poros itu 17 kursi (Partai Golkar 8 kursi, PKB 3 kursi, PDI-P 3 kursi dan Partai Nasdem 3 kursi). Jika Partai Nasdem dan PDI-P memang mendukung Mulyadi-Ali Mukhni, maka kursi yang tersedia di Poros Baru hanya 11 kursi. Sedangkan syarat mengusung pasangan Cagub/Cawagub Sumbar 13 kursi atau 20 persen dari 65 jumlah kursi DPRD Sumbar.

Sementara itu, pasangan bakal Cagub/Cawagub Sumbar lainnya, yakni Nasrul Abit-Indra Catri yang diusung oleh Partai Gerindra (14 kursi) dan Mahyeldi-Audy Jaonaldy yang diusung oleh koalisi PKS-PPP (10 kursi + 4 kursi = 14 kursi).

Tentang Fakhrizal-Genius, pasangan bakal Cagub/Cawagub Sumbar jalur perseorangan masih berkutat menghadapi proses verifikasi faktual dukungan masyarakat yang dilaksanakan oleh KPU. Sepertinya tentangan berat tengah dihadapi oleh Fakrizal-Genius agar dapat lolos dalam verifikasi faktual, menyusul banyaknya surat dukungan yang tidak mememuhi persyaratan. 
 





loading...
Loading...