Manuver PKB ke Iyeth Bustami di Pilkada Bengkalis 2020, Ini Kata Pengamat

Manuver PKB ke Iyeth Bustami di Pilkada Bengkalis 2020, Ini Kata Pengamat

18 Agustus 2020
Pasangan Kaderismanto-Iyeth Bustami yang akan maju Pilkada Bengkalis 2020

Pasangan Kaderismanto-Iyeth Bustami yang akan maju Pilkada Bengkalis 2020

RIAU1.COM - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mengalihkan dukungan dari Kasmarni-Bagus Santoso kepada pasangan Kaderismanto-Iyeth Bustami atau Sri Barat untuk Pilkada Bengkalis tahun 2020.

Terkait dengan langkah yang dilakukan PKB ini, Pengamat Politik Universitas Riau, Tito Handoko mengatakan tarik ulur dukungan menjadi hal yang lumrah dalam Pilkada.

Tapi hal paling penting, menurutnya terletak pada partai politik yang tidak pernah benar-benar menyiapkan kadernya untuk bertarung di Pilkada.

"Jika partai bersiap diri menghadapi kontestasi politik di semua jenjang, tentu partai tidak perlu repot-repot bermanuver," kata Tito, Selasa 18 Agustus 2020.

"Partai cukup mempersiapkan kadernya untuk bertarung dan menurut kami even pilkada ini sudah jelas kok sebagai even 5 tahunan," sebutnya.

Namun persoalannya lanjut Tito, partai-partai di Indonesia itu tidak berfkir menyiapkan kader untuk maju, kader hanya disuruh kerja sendiri.

"Jika partai bersiap diri sejak awal, tentu praktik tarik ulur dukungan ini tidak akan terjadi. Kader di tingkat bawah sudah pasti akan bersiap jika memang kader yang di dorong. DPP ini kan banyak pemainnya juga," tukasnya.