Bakal Gelar Musda X, DPD II Golkar Pekanbaru Buka Pendaftaran Bakal Calon Ketua Periode 2020-2025

Bakal Gelar Musda X, DPD II Golkar Pekanbaru Buka Pendaftaran Bakal Calon Ketua Periode 2020-2025

19 Agustus 2020
Ketua Steering Committe (SC) Musda X DPD II Golkar Pekanbaru, Roni Amril

Ketua Steering Committe (SC) Musda X DPD II Golkar Pekanbaru, Roni Amril

RIAU1.COM - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Pekanbaru membuka pendaftaran bakal calon ketua periode 2020-2025, yang mulai tanggal 20 Agustus hingga 21 Agustus 2020 mendatang.

"Pada kesempatan kali ini kami komite pemilihan membuka pendaftaran calon ketum dimulai besok, pukul 09.00 WIB hingga 17.00 sore," kata Ketua Steering Committe (SC) Musda X DPD II Golkar Pekanbaru, Roni Amril, Rabu 19 Agustus 2020.

Roni menuturkan, ada tiga tahapan dalam pemilihan Ketua DPD Golkar Pekanbaru, pertama tahap penjaringan, dengan membuka pendaftaran calon ketua untuk diseleksi pada tahap berikutnya. 

Tahap kedua, setelah mendapatkan nama-nama bakal calon ketua. Dalam tahap pencalonan ini, setiap kandidat wajib membawa lampiran dukungan dari pemilik suara sebanyak 30 persen.

"Semua calon akan dan wajib untuk memenuhi 30 persen syarat dukungan, berupa surat dukungan dari seluruh pemilik suara dari Partai Golkar baik tingkat pusat provinsi, kota hingga tingkat kecamatan," tuturnya.

Ketiga, tahap verifikasi. Setiap kandidat yang memenuhi syarat dukungan 30 persen ditetapkan sebagai calon ketua, lalu dilakukan pemilihan secara langsung, umum, bebas dan rahasia.

"Artinya pada kesempatan kali ini, tugas daripada komite pemilihan adalah bagaimana caranya bisa memastikan proses pemilihan ketum Golkar ini, bisa berlangsung sesuai dengan aturan main oraganisasi internal partai yaitu AD/ART," pungkasnya.