Pernah Dituduh PKI, Ini Jawaban Megawati

Pernah Dituduh PKI, Ini Jawaban Megawati

26 Agustus 2020
Ketua Umum PDIP Megawati (foto: Istimewa/internet)

Ketua Umum PDIP Megawati (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati mengaku pernah disebut-sebut sebagai komunis.

Bahkan tak hanya dirinya, dikutip dari rmol.id, Rabu, 26 Agustus 2020 presiden RI pertama Sukarno hingga Jokowi dan juga partainya, banteng moncong putih turut disebut-sebut memiliki paham yang dianut oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).

Peryataan itu disampaikannya dalam pidatonya di pembukaan Sekolah Calon Kepala Daerah PDIP Gelombang II dilaksanakan secara daring baru-baru ini.

" Bung Karno pernah sementara waktu dibilang komunis, saya anaknya dibilang komunis. Tapi orang yang enggak senang selalu bilang saya ini PKI. Pak Jokowi dibilang PKI. Nalarnya itu ke mana?," terangnya.

Lantaran tak memperpanjang perdebatan, Megawati mengaku saat itu hanya diam saja dan tak menghiraukan tuduhan tak mendasar itu.

Sayang, Megawati tak menjelaskan siapa dan kapan peristiwa itu menimpa dirinya.

Untuk diketahui, Megawati memulai karir politiknya saat aktif di GMNI.

Pada usia 39 tahun Mega menjadi pengurus PDI Jakarta Pusat pada tahun 1986 berlanjut hingga menjadi anggota DPR RI 1987-1992.

Setahun kemudian dalam kongres PDI tahun 1993, dia terpilih menjadi Ketua Umum PDI periode 1993-1998. Lantaran mendapat penolakan dari Presiden Soeharto, PDI terpecah kepemimpinan Mega dan Soerjadi.

Bentrok fisik tak terelakkan. Termasuk perubatan kantor PDI yang berujung peristiwa 27 Juli 1996 kelabu yang memicu kerusuhan di Jakarta.

Lantaran ada kedua pimpinan PDI, PDI kelompok Mega melakukan kongres PDI sekaligus mengganti nama PDI menjadi PDI Perjuangan hingga saat ini.