Kwik Kian Gie Bandingkan Beda Cara Jadi Presiden AS Dengan Indonesia, Ada yang Setuju ?

Kwik Kian Gie Bandingkan Beda Cara Jadi Presiden AS Dengan Indonesia, Ada yang Setuju ?

9 November 2020
Kwik Kian Gie (Foto: Istimewa/internet)

Kwik Kian Gie (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Ekonom senior Kwik Kian Gie membeberkan pandanganya tentang perbedaan cara politisi Indonesia dan Amerika Serikat (AS) untuk meraih kursi presiden.

Pernyataannya ini disampaikannya melalui akun media sosial Twitter miliknya, Senin, 9 November 2020.

Menurutnya, untuk menjadi presiden di AS tidak serumit yang terjadi di Indonesia,"Roadmap jadi presiden di AS jelas: gubernur, senator, presiden," terangnya.

"Di Indon sepertinya lebih panjang : batu bara, minyak, anggota dpr atau bupati, walikota, gubernur, baru jadi Presiden. Betul atau tidak sih observasi saya ini?," sebutnya.

Beberapa netizen Tanah Air yang mengikuti akun Twitter miliknya ada yang membalas cuitannya itu.

Salah satu dari mereka menambahkanya dengan menuliskan dengan masuk ke dalam paret sampai pintar berbohong.

"No, di wekwekland cukup sering2 masuk got, lalu pandai berbohong sdh cukup buat modal utama jd presiden," kata netizen.

Satu netizen lainnya menjawab alasan AS memiliki roadmap yang lebih pendek. Itu karena capres yang maju di negara Paman Sam lebih dapat dipertanggujawabkan.

"Roadmap emang lebih pendek, tp hasilnya pemimpin US kelasnya bisa dipertanggungjwbkan. Sulit rasanya membayngkan ada President US yg plonga-plongo, krn baru dibabak campaign for governor aja udh psti dibabat habis saat debat calon gub. Blm lg ngadepin senator2 ganas di prlemen," terangnya.