Selasa, 07 Desember 2021

POLITIK

Pengamat Sebut Annas Maamun dan Irwan Nasir Masuk Nasdem Karna Ingin Tetap Eksis di Jalur Politik Formal

news24xx


Panca Setya Prihatin Panca Setya Prihatin

RIAU1.COM -Pengamat politik Universitas Islam Riau (UIR) Panca Setyo Prihatin menilai keputusan Irwan Nasir dan Annas Maamun bergabung ke Nasdem merupakan bagian atau cara kader untuk bisa tetap eksis di jalur politik formal.

Baca Juga: AHY Masih Bungkam Soal kekecewaan Kader Terkait Pelaksanaan Musda Demokrat di Riau



MH02 | Bea dan Cukai

www.jualbuy.com

Hal ini dikatakanya karna yang namanya partai politik sebagai perahu sangat identik bagaimana cara kader atau elit partai menyeberangi lautan dengan pasti dan selamat.

"Maka dari itu kepindahan Annas Mamun dan Irwan Nasir ke partai Nasdem menurut saya merupakan bagian atau cara kader atau elit partai untuk bisa tetap eksis di jalur politik formal (agar tetap bisa menjaga peluang politik). Karena di partai lama sudah pasti akan mempersiapkan kader-kader yang sedang memegang tampuk kekuasaan,"kata Panca. Kamis 14 Oktober 2021.

Dijelaskan Panca, memang perpindahan kader atau elit dari satu partai ke partai yang lain bukanlah hal yang baru dalam perjalanan sejarah partai politik khususnya di era pasca reformasi. 

Hal ini terjadi dengan berbagai alasan, diantaranya pertama, karena ingin mendapatkan peluang yang lebih besar di partai yang baru baik sebagai pengurus, calon anggota legislatif atau bahkan harapan sebagai calon kepala daerah. Kedua karna  perasaan sakit hati adanya persaingan di internal partai.

"Dan dalam sistem demokrasi, dimana partai politik adalah pintu masuk satu-satunya untuk mendapatkan kekuasaan, menempatkan parpol sebagai sesuatu yang seksi. Sementara kita lihat fungsi-fungsi partai politik sebagai sarana sosialisasi politik, rekrutmen kader, seleksi kepemimpinan menjadi kehilangan arah dan lebih bersifat pragmatis,"terangnya.

Baca Juga: Terpilih Secara Aklamasi, Agung Nugroho Resmi Jabat Ketua DPD Demokrat Riau

Sebelum, mantan ketua DPW PAN Riau  Irwan Nasir dan mantan gubernur Riau dan Ketua Golkar Riau Annas Maamun resmi bergabung ke Nasdem. Keduanya diperkenalkan partai besutan Surya Paloh itu dalam Rakorwil Nasdem yang dimulai tanggal 12-13 Oktober 2021 kemarin.

Tidak hana hanya diperkenankan kedua tokoh politik Riau itu langsung dipakaikan jaket kebanggaan Nasdem oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Nasdem, dan Ketua DPW Nasdem Riau, Willy Aditya.





loading...
Loading...