Rabu, 06 Juli 2022

POLITIK

Pelatihan Politik Bagi Perempuan Digelar Pemkab Inhil

news24xx


Ilustrasi/Net Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Bupati Indragiri Hilir yang di wakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Inhil H. Tantawi Jauhari membuka acara Pelatihan Politik Bagi Perempuan Tahun 2022 yang dilaksanakan di Aula Hotel Inhil Pratama Tembilahan, Selasa (17/05/2022).

Baca Juga: Legislator Asal Riau Tagih Janji Presiden Anggaran Kerumahtanggaan Desa

Kegiatan yang ditaja oleh DP2KBP3A Inhil dilaksanakan selama 2 hari ini diikuti 40 orang utusan dari 20 Kecamatan se-Inhil dengan menghadirkan 4 orang nasumber turut dihadiri unsur Pimpinan Forkopimda, Anggota DPRD, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Camat Se-Kabupaten Inhil, serta para undangan lainnya. 

Sambutan Bupati yang dibacakan Asisten 1 Setda Inhil mengatakan, Undang-Undang Pemilu disebutkan bahwa peserta Pemilu adalah Partai Politik, ini berarti bahwa dalam Pemilu mendatang Partai Politik bukan sebagai Aktor tapi juga sebagai penjaga gawang utama yang memutuskan siapa yang akan diajukan sebagai calon Legislatif dalam Pemilu terutama Pemilu Legislatif 2024.

"Perempuan merupakan salah satu Komponen bangsa yang sangat besar potensinya dan dapat memberikan sumbangsih dalam pembangunan," ujar Asisten. 

Ia menambahkan, Kegiatan ini sebagai wujud Implementasi peraturan Menteri PP dan PA Nomor 10 Tahun 2015 tentang Grand Design Peningkatan Keterwakilan Perempuan di DPR, DPD dan DPRD pada Pemilu Tahun 2024. 

"Selama Era Reformasi, upaya peningkatan keterwakilan politik perempuan telah dilakukan melalui strategi regulasi dengan mengatur tindakan afirmatif pencalonan perempuan sebagai anggota legislatif dalam UU pemilu sekurang-kurangnga 30%," jelasnya. 

Lanjutnya, pendidikan politik bagi perempuan sangat penting, untuk itu kaum perempuan harus mempersiapkan diri dan meningkatkan kualitas pribadinya dan yang lebih penting harus masuk dan aktif dalam organisasi kemasyarakatan maupun partai politik.

Baca Juga: Pj Bupati Kampar Diisukan Bukan Rekomendasi Gubri, Aktivis: Barang Cacat Prosedural

"Semoga melalui kegiatan ini dapat membawa perempuan semakin memiliki daya saing dan lebih kompetitif dalam pemilu Tahun 2024 sehingga menuju kursi Legislatif," pungkasnya.*





loading...
Loading...