Namanya Masuk Bursa Calon Wakil Bupati, Ini Tanggapan Sekda Siak

Namanya Masuk Bursa Calon Wakil Bupati, Ini Tanggapan Sekda Siak

4 Juli 2018
Sekda Siak, Tungku Said Hamzah.

Sekda Siak, Tungku Said Hamzah.

Riau1.com - Bursa bakal calon wakil Bupati Siak mulai bermunculan, setelah Bupati Siak saat ini Syamsuar meraih suara tertinggi di pemilihan Calon Gubernur Riau.

Salah satunya Nama Sekertaris Daerah (Sekda) Tengku Said Hamzah disebut-sebut masuk dalam bursa calon Wakil Bupati Siak. Namun  Tengku Said Hamzah belum mau berkomentar banyak. 

"Untuk saat ini, saya masih fokus dengan pekerjaan saya sebagai Sekda Siak. Massa jabatan saya 1,6 tahun lagi," kata Tengku Said Hamzah, saat bincang-bincang Rabu (4/7/2018).

Mencuatnya nama Tengku Said Hamzah, karena jabatan Wakil Bupati Siak akan terjadi kekosongan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau nantinya, menetapkan Syamsuar menjadi Gubernur Riau bersama pasangannya Edy Natar Nasution. Otomatis wakilnya, Alfedri, akan menduduki jabatan yang dipegang oleh Syamsuar saat ini sebagai Bupati Siak.

"Nantilah kita bicarakan hal itu. Saya masih konsentrasi dengan pekerjaan saya sebagai Sekda," ujar Sekda Siak.

Sebelumnya, dari berbagai sumber yang diperoleh, pihak Partai Hanura Siak menyiapkan tiga nama kemungkinan mendampingi Alfedri menjadi Wakil Bupati Siak. Ketiga nama tersebut Kadis Sosial Siak Nurmasyah, Sekdakab Siak Tengku Said Hamzah dan Ketua DPRD Siak Indra Gunawan.

Bukan tanpa alasan Partai Hanura Siak mengeluarkan nama-nama tersebut, sebab pada Pilkada Bupati Siak tahun 2015 lalu, Partai Hanura adalah partai terbesar kedua yang mengusung pasangan Syamsuar-Alfedri di Pilkada Siak 2015. Pertama PAN (5 kursi), Hanura (3), PKS (2), Nasdem dan PKPI masing-masing 1 kursi.

Namanya digaungkan Hanura mendampingi Alfedri, Sekda Tengku Said Hamzah pun menanggapinya dengan dingin."Semua nama yang disebutkan Partai Hanura punya kesempatan. Tapi sekali lagi saya sampaikan, saya masih konsentrasi dengan sisa masa jabatan saya," kata Sekda.

Terpisah, salah seorang tokoh pemuda Kabupaten Siak Azhar berharap, agar posisi Wabup Siak nantinya diisi oleh tokoh Siak yang berkualitas dan berpengalaman, khususnya di birokrasi.

"Sebenarnya, dari tiga nama itu semua berkompeten. Namun, kalau menurut saya, yang mendampingi Pak Alfedri nantinya harus orang yang faham dan mengerti dengan Kabupaten Siak," ungkap pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Himpi) Siak tersebut.

Azhar, yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Koperasi dan Perniagaan Melayu LAM Siak itu juga berkeinginan, nantinya Wakil Bupati Siak yang mendampingi Alfedri bisa mewujudkan cita-cita pendahulunya menjadikan Kabupaten Siak sebagai pusat budaya Melayu.

R1/Hee /lin